Find Us On Social Media :

Gempa Hari Ini: Mengenal Sesar Kambing yang Diduga Jadi Penyebab Gempa Situbondo, Terbentuk 5 Juta Tahun Lalu hingga Membentang Sepanjang 300 km

By Puput Akad Ningtyas Pratiwi, Kamis, 11 Oktober 2018 | 18:24 WIB

Gempa Situbondo yang diduga disebabkan oleh sesar Kambing yang membentang sepanjang 300 km di selatan pulau Madura

Laporan Wartawan Grid.ID, Puput Akad

Grid.ID - Gempa hari ini yakni gempa Situbondo yang mengguncang daerah Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (11/10/2018) dini hari pukul 1.44 WIB.

Gempa hari ini yaitu gempa Situbondo memiliki kekuatan 6,4 SR dan efeknya dapat dirasakan tak hanya di Jawa Timur tetapi hingga wilayah Bali, Sumenep, Gianyar, bahkan Lombok Barat dan Mataram.

Berdasarkan info dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) di Twitter resminya @infoBMKG, pusat gempa hari ini atau gempa Situbondo berada di 61 kilometer timur laut Situbondo, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Baca Juga : GEMPA HARI INI: Terjadi Gempa Situbondo Berkekuatan 6,4 SR, Berikut Potret Kerusakan yang Ada di Lokasi

Beruntung, BKMG menginformasikan gempa Situbondo ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Meskipun begitu, gempa Situbondo menimbulkan sejumlah kerusakan, bahkan terdapat korban yang meninggal akibat terjadinya gempa ini.

Menurut Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa Situbondo mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 7 orang luka, dan beberapa rumah rusak di kabupaten Sumenep.

Baca Juga : Gempa Situbondo, Korban Meninggal 3 Orang, 7 Orang Luka-Luka

BMKG hingga kini belum melansir pernyataan resmi mengenai penyebab gempa Situbondo.

Namun Dewan Penasihat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Rovicky Dwi Putrohari, memperkirakan gempa ini terjadi disebabkan adanya pergerakan pada sesar Kambing.