Laporan Wartawan Grid.ID, Siti Sarah Nurhayati

Grid.ID – Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 merupakan film yang di adaptasi langsung dari sebuah novel karya mendiang Bastian Tito, ayah Vino G. Bastian.

Wiro Sableng sendiri sempat booming di era tahun 1990-an dengan lambang 212 yang melekat di dadanya.

Angka 212 bukan semata-mata hanya hiasan saja bagi karakter Wiro Sableng.

(Tiga Poster Pemeran Utama Film Wiro Sableng 212 Resmi Dirilis!)

Awalnya sang ayah ingin membuat tokoh layaknya James Bond sebagai agen 007 hingga akhirnya angka tersebut terus melekat dibalik nama Bond.

"Dulu bapak saya itu pernah translate buku-bukunya James Bond, jadi dia pengin bikin karakter yang ada angkanya 212. Cuman ternyata maknanya lebih dalam lagi gitu," ungkap Vino, saat ditemui Grid.ID di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Namun ternyata dibalik angka tersebut ada makna tersembunyi yang selama ini tidak diketahui banyak orang.

Menurut cerita Vino G. Bastian ayahnya tidak asal mengambil nomor untuk dijadikan lambang.

Untuk angka satu sendiri melambangkan Tuhan yang maha esa, sedangkan angka dua melambangkan segala sesuatu berpasang-pasangan dalam hidup. 

"Terus kenapa enggak 21 aja gitu kan, kenapa harus 212 gitu. Ternyata yang saya inget bapak saya juga punya filosofi disitu kenapa 212 karena kalo di gabungin di situ tuh akan jadi 5, itu yang saya ingat gitu ya," ucapnya.

Selain itu jika ditambahkan 212 menjadi angka 5 seperti rukun Islam, dan ideologi pancasila.

"Orang tua saya muslim, jadi 212 itu rukun islam itu ada 5 gitu. Terus 212 atau 5 itu perwakilan sila di pancasila sebenernya, dia ngomongnya salah satu gambaran dari Indonesia gitu," tutup Vino. (*)