Grid.ID - Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Menurut data Statista, untuk di Amerika Serikat, misalnya, masyarakat menghabiskan sekitar USD 5,2 juta atau hampir 70 milyar rupiah untuk membeli kopi.

Rupanya, salah satu manfaat kopi adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Bagaimana caranya? Personal Trainer dan instruktur Pilates bersertifikat Laura Arndt berbagi informasi dari pengalamannya membantu klien.

"Kopi bisa berdampak positif maupun negatif terhadap Indeks Masa Tubuh. Tapi, dengan mengikuti aturan-aturan ini, kita bisa memaksimalkan manfaat kopi untuk menurunkan berat badan," kata Laura.

(Sempat Pesimis, Risa Saraswati Tak Yakin Prilly Latuconsina Jadi Pemeran Danur)

1. Siapkan kopi di rumah

Kita sering tergoda untuk mampir ke coffee shop dan membeli kopi di sana, misalnya pada pagi hari saat hendak pergi kerja. Tapi, ini bukanlah ide bagus jika kamu mau mengurangi berat badan.

Kopi yang dibuat di luar rumah berpotensi mengandung banyak kalori yang tersembunyi. Belum lagi jika kita tergoda membeli kue-kue yang disediakan di coffee shop.

Kita akan lebih cenderung memesan segelas vanilla latte dan donat daripada kopi hitam. Ini bisa mengandung hingga 800 kalori. Maka, coba lah untuk selalu membuat kopi sendiri di rumah.

2. Konsumsi 400 miligram saja

The Mayo Clinic menyarankan agar konsumsi kopi per harinya tak lebih dari 400miligram. Jumlah ini aman untuk hampir semua orang dewasa. Jika dikonversikan menjadi gelas, 400miligram kopi hampir sama dengan dua gelas besar.