Find Us On Social Media :

Salah Model Potongan Rambut Bisa Mengurangi Kecantikan Wajah, Lo!

By Editor, Jumat, 17 Februari 2017 | 20:45 WIB

Salah memotong rambut bikin penampilan makin cantik.

Penampilan sempurna perempuan tidak hanya dinilai dari cara berpakaian serta gaya riasan wajahnya saja, melainkan juga tatanan rambut. Lewat pemilihan model potongan rambut yang tepat, maka kesan wajah cantik pun akan kian nampak memikat.

Lalu, apa dampaknya jika Anda salah memilih model potongan rambut? Efeknya bisa bermacam-macam. Mulai dari wajah terlihat lebih chubby atau ‘tembem’, tampilan wajah nampak tua dan tidak segar serta lain sebagainya.

Nah, khusus untuk Anda, Nova.id membagikan panduan #29CaraCantik bagaimana memilih model potongan rambut yang pas sesuai bentuk wajah Anda.

Tipe wajah oval Jika Anda memiliki bentuk wajah yang oval, maka tak perlu khawatir karena bentuk wajah jenis ini sangat proposional. Dan, tentunya cocok untuk jenis rambut apapun. Sebaiknya gaya rambut bentuk oval dibentuk menjadi sedikit curly ataupun dapat disesuaikan dengan karakter anda.

Menggunakan potongan rambut berponi dengan banyak volume sangat cocok bagi mereka yang berwajah oval. Potongan gaya berponi juga berfungsi untuk mempertegas tulang pipi. Bentuk wajah oval cenderung seimbang dan proporsional, sehingga cocok untuk semua jenis potongan rambut dibanding bentuk wajah lainnya.

Tipe wajah bulat Dalam bentuk wajah bulat, hal ini berbeda dengan bentuk wajah oval yang cenderung proposional. Untuk mengetahui gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah ini yaitu sebaiknya gaya rambut lebih panjang dari dagu. Jika ingin menggunakan poni, maka Anda dapat menggunakan poni miring. Bentuk poni yang miring akan menghilangkan sedikit kesan wajah yang tembem.

Mereka yang berwajah bulat terlihat lebar pada bagian pipi dan garis rahang yang terlihat lebih halus. Dahi terlihat sempit. Pemilik wajah bulat umumnya cocok menggunakan potongan rambut yang panjang, lurus, dan sedikit bervolume. Wajah bulat (round faces) kadang membuat pipi menjadi terlihat lebih chubby dan gemuk. Tapi dapat diatasi dengan sentuhan yang tepat, penampilan bisa tetap terlihat menarik. Kuncinya adalah potongan rambut yang sesuai sehingga tampil cantik dan menarik.

Tipe wajah lonjong Bentuk wajah yang lonjong atau panjang, merupakan salah satu bentuk wajah yang unik. Dalam bentuk wajah panjang ini memiliki panjang yang sama dari bagian bagian wajah. Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah seperti ini, Anda tak perlu khawatir. Sebaiknya gaya rambut bisa sedikit lebih panjang dari bentuk wajah agar tidak cenderung melebihi wajah. Tetapi usahakan gaya rambutnya lebih panjang pada bagian samping.

Tipe wajah persegi Ciri-ciri mereka yang berwajah persegi adalah,  dahi lebar, dan rahang yang terlihat kokoh. Mereka yang punya bentuk wajah seperti ini lebih baik membuat potongan rambut dengan gaya layer yang bisa membuat rambut terlihat tidak terlalu mengembang.

Tekstur gaya rambut yang sesuai untuk bentuk wajah kotak, disarankan dapat memberikan efek menghaluskan bentuk rahang yang kaku. Untuk tampilan kasual, Anda bisa memilih gaya rambut panjang Ber-layer atau rambut pendek bertekstur yang dinamis. Untuk gaya formal, bisa memilih rambut pendek ikal atau sanggul acak.

Tipe wajah hati Mereka yang wajahnya berbentuk hati, umumnya memiliki dagu yang mengecil atau runcing. Beruntung yang mempunyai bentuk wajah hati, mereka cocok dengan potongan rambut apa pun. Agar tampil maksimal atau seksi, tambahkan sedikit gelombang pada rambut sehingga akan mempertegas struktur tulang wajah.

Ciri bentuk wajah ini adalah dahi lebar, tulang pipi tinggi serta bentuk dagu meruncing. Pilih belahan rambut dan poni menyamping untuk mengalihkan perhatian dahi ke daerah mata. Hindari panjang rambut sedagu karena akan membuat wajah terlihat semakin runcing ke bawah. Pilihlah berbagai potongan rambut yang membuat penuh bagian rahang. Beri efek keriting pada bagian ujung rambut.

Tipe wajah persegi Ciri-ciri mereka yang berwajah persegi adalah,  dahi lebar, dan rahang yang terlihat kokoh. Mereka yang punya bentuk wajah seperti ini lebih baik membuat potongan rambut dengan gaya layer yang bisa membuat rambut terlihat tidak terlalu mengembang.

Tekstur gaya rambut yang sesuai untuk bentuk wajah kotak, disarankan dapat memberikan efek menghaluskan bentuk rahang yang kaku. Untuk tampilan kasual, Anda bisa memilih gaya rambut panjang Ber-layer atau rambut pendek bertekstur yang dinamis. Untuk gaya formal, bisa memilih rambut pendek ikal atau sanggul acak,

Tipe wajah segitiga Wajah yang berbentuk segitiga ini memiliki ciri yaitu dagu yang panjang. Dalam bentuk wajah ini, tentunya harus disesuaikan betul dengan bentuk wajah ini. Karena gaya rambut yang salah dapat menyebabkan penampilan Anda menjadi tidak bagus. Dan sebaiknya pada bentuk wajah ini  gaya rambut baik pendek maupun panjang, diberi bentuk shaggy agar lebih berkesan anggun dan untuk menyesuaikan dengan bentuk wajah anda

Tipe wajah hati Bentuk wajah seperti ini merupakan bentuk yang sangat jarang di temui. Dan, bentuk wajah ini hampir mirip dengan bentuk wajah berbentuk segitiga, namun perbedaan nya dari wajah segitiga yaitu memiliki bentuk dagu lancip. Nah, sebaiknya gaya rambut ini diberi sedikit curly atau bob.

Dari berbagai sumber