Find Us On Social Media :

Hape Terendam Air? Inilah 7 Langkah Selamatkan Hape Kesayangan

By Way, Jumat, 24 Februari 2017 | 01:16 WIB

Hape terendam air

Grid.ID - Saat banjir kemarin, mungkin hape kesayangan kamu terjatuh dan terendam banjir. Jangan panik dulu.  Berikut adalah 7 langkah selamatkan hape kesayangan. 

1. Segera ambil hape dari dalam air. Air dapat dengan mudah merembes ke dalam hape dalam waktu yang sangat singkat.  Perbedaan waktu beberapa detik pun bisa menentukan hidup-mati gadget Anda. Keluarkan hape dari air secepatnya, lalu langsung matikan untuk mencegah korsleting (hubungan pendek arus listrik).  Jangan nyalakan dulu sebelum dikeringkan.

2. Jangan ambil hape terendam air yang sedang di-charge, dan terhubung ke listrik Listrik mungkin masih menyala dan bisa mengalir ke air di sekitar ponsel.  Niatnya menyelamatkan ponsel, alih-alih jiwa sendiri bisa terancam. 

3. Segera keringkan hape dengan handuk atau kain, lalu lepas semua cover dan baterainya Ini adalah salah satu langkah yang paling penting.  Namun, langkah ini hanya berlaku bagi hape  yang baterainya bisa dilepas sendiri oleh pengguna (removable).  Kebanyakan komponen elektronik di dalam smartphone bisa selamat meskipun terkena air, asalkan tidak ada aliran listrik dari baterai.  Untuk memeriksa kerusakan akibat air, periksalah pojok-pojok sekitar tempat baterai di area yang terdapat lingkaran atau kotak kecil berwarna putih, dengan atau tanpa garis berwarna merah. Jika warnanya bukan putih tetapi berubah menjadi pink atau merah, berarti ada kerusakan akibat rembesan air.

4. Keluarkan kartu SIM dan kartu memori Data dan informasi yang tersimpan di SIM atau kartu memori, kadang lebih penting dibanding hape itu sendiri.  Meski kedua komponen ini relatif tahan air, sebaiknya segera keluarkan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan masukkan lagi, sebelum ponsel benar-benar kering.

5. Keringkan dengan bahan penyerap air Contoh yang umum adalah beras.  Masukkan hape ke dalam beras dan biarkan semalaman atau lebih. Bahan yang lebih efektif adalah silica gel atau penyerap kelembaban lain.  Masukkan hape bersama beras atau silica gel, ke dalam wadah yang tertutup rapat. Agar lebih efektif, putarlah posisi ponsel tiap beberapa jam.  Gunanya supaya air yang terperangkap di dalam bisa mengalir ke luar lewat bawah.

6. Coba nyalakan hape Setelah berusaha maksimal dan menunggu selama setidaknya 24 jam, kini saatnya coba menyalakan hape.  Periksa dulu tiap bagian hape untuk memastikan bahwa perangkat yang bersangkutan benar-benar kering.  Jika hape benar-benar sudah kering tapi tak mau menyala, coba hubungkan ke charger.  Jika hape bisa menyala dengan cara ini, kemungkinan ada yang rusak dan harus diganti.

7. Masih tak bisa menyala? Bawa hape ke tempat servis Jangan coba membongkar hape sendiri tanpa bantuan tenaga profesional.  Kamu berpotensi terpapar bahan kimia berbahaya dari smartphone atau bahkan tersengat listrik.