Find Us On Social Media :

20 Fakta Menarik Seputar Oscar, Ternyata Sejarahnya Ada Banyak Versi

By Kama, Senin, 27 Februari 2017 | 21:29 WIB

Oscar 2017

Grid.ID – Berikut ini adalah fakta-fakta menarik seputar Oscar:

Academy Award atau disebut juga Oscar merupakan penghargaan perfilman yang diberikan oleh Academy of  Motion Picture Arts and Sciences. Penghargaan yang berbentuk patung berlapis emas ini diberikan kepada pemenang dari 24 kategori.  

Kategori tersebut adalah berikut: film terbaik, aktor, aktris, aktor pendukung, aktris pendukung, sutradara, skenario asli, skenario adaptasi, sinematografi, ‘art direction and set decoration’, editing, musik original atau ‘comedy score’, ‘original dramatic score’, lagu asli, desain kostum, make up, tata suara, editing efek suara, efek visual, film bahasa asing, animasi pendek, ‘live action short’, film dokumenter, dan film dokumenter pendek. 

Akademi juga menyajikan penghargaan ilmiah dan teknis, penghargaan prestasi khusus, penghargaan kehormatan, John Hersholt Humanitarian Award, Irwing G. Thalberg Memorial Award dan Gordon E. Sawyer Award (untuk kontribusi teknologi).

Penghargaan tambahan tersebut belum tentu diberikan secara rutin setiap tahun. Hanya anggota dari Academy of Motion Picture Arts and Science yang bisa dinominasikan sekaligus memilih kandidat untuk Oscar. Anggota akademi dibagi menjadi berbagai kategori penghargaan. Para nominator lantas dipilih oleh anggota akademi, siapa di antara mereka yang layak memenangkan Oscar. Piala Oscar berbentuk patung seorang ksatria yang berdiri di atas gulungan film dan memegang pedang.  

Desainer patung Oscar adalah Cedric Gibbons.

Pematung George Stanley lantas ditugaskan untuk menciptakan patung asli berdasarkan desain Gibbon.

Selama bertahun-tahun, patung tersebut terbuat dari perunggu yang dilapisi emas 24-karat. Selama Perang Dunia II, piala Oscar terbuat dari plaster karena kekurangan bahan logam. Kini, piala Oscar terbuat dari britannium berlapis emas.  Desain tetap tak berubah kecuali bagian dasar yang ditinggikan pada tahun 1945.

BACA JUGAOscars 2017: Rekap Acara Oscar 2017 Ini yang Agak Kacau, Serta Para Pemenangnya

BACA JUGA: HEBOH! Penobatan Film Terbaik di Oscar 2017 Salah Sebut! Piala Oscar memiliki tinggi 34,3 cm dengan berat 3,8 kg.  Asal usul nama julukan Oscar dapat dirujuk ke tiga versi. Aktris Bette Davis mengklaim bahwa nama Oscar berasal dari pengamatannya bahwa sosok patung tersebut mirip dengan suaminya, Harmon Oscar Nelson. Kolumnis Sidney Skolsky menyatakan bahwa dia memberi julukan pada penghargaan Academy Award untuk meniadakan pretensi. Sedang versi terakhir, pustakawan akademi, Margaret Herrick, menyatakan bahwa sosok patung tampak seperti pamannya Oscar. Sampai sekarang belum diketahui versi mana yang paling valid.