Find Us On Social Media :

Kyai Gali Tanah dan Menjadi Air Terjun Gedad yang Kemudian Jadi Objek Wisata Baru di Gunung Kidul

By Kama, Rabu, 1 Maret 2017 | 01:18 WIB

Air terjun Gedad yang menjadi obyek wisata di Gunung Kidul

Grid.ID - Yogyakarta dikenal dengan banyaknya objek wisata, salah satunya adalah Gunung Kidul yang memiliki potensi wisata alam yang menarik.

Belakangan ini dusun Gedad Banyusoco Playen, Gunung Kidul ramai dikunjungi wisatawan. Pasalnya telah dibuka Air Terjun Gedad atau biasa disebut Atleh oleh warga sekitar, para karang taruna dusun Gedad.

Walau terhitung baru, pengunjung Air Terjun Gedad terus berdatangan setiap hari, terlebih musim libur penuh pengunjung.

Tak hanya wisatawan lokal yang tertarik untuk mencoba, wisatawan mancanegara asal Korea juga disebut pernah mengunjungi objek wisata ini.

Asal usul Air Terjun Gadad ditemukan oleh seorang Kyai yang bernama Abu Dardak. Dengan cara menggali tanah di gunung Nggrunggung dan membuka aliran air tanah menuju Dusun Gedad melewati tebing pengunungan dan salah satunya muncullah Air Terjun Gedad ini.

Pohon rindang menjulang tinggi menjadi pemandangan khas saat menuju lokasi dan para pedagang yang mencoba menjajakan barang dagangannya.  

Air Terjun Gedad berada di balik tebing kapur, sampai di lokasi pengunjung disuguhi panorama alam yang indah dan menawan.

Air yang jernih dan bersih dari perbukitan kapur dan derasnya aliran air terjun yang menghantam batuan besar membuat air terpecah seperti kilauan cahaya. Jembatan dari kayu dan bambu serta pohon kelapa yang tinggi menjulang, menambah eksotis lokasi air terjun.