Find Us On Social Media :

Seberapa Aman Berolahraga di Masa Awal Kehamilan, Seperti yang Dilakukan Petenis Dunia Serena Williams?

By Ridho Nugroho , Kamis, 20 April 2017 | 16:22 WIB

Menurut ahli kesehatan, bermain tenis mungkin aman-aman saja bagi ibu hamil, meskioun ada resiko ketika usia kehamilan makin menua.

Grid.ID - Sejak kemarin malam, kabar soal kemenangan petenis dunia ternama Serena Williams (35) dalam sebuah pertandingan tenis terbuka menyita perhatian.

Bukan saja soal performanya mengalahkan lawannya saat itu, melainkan karena Serena Williams menyabet gelar juara saat ia tengah mengandung janin di masa awal kehamilannya.

Memangnya tenis aman untuk ibu hamil?

(BACA JUGA: VIDEO: Pemain Tenis Wanita dari Israel Ini Tidak Bisa Berhenti Tertawa Saat Lawannya Melakukan Ini)

Menurut ahli kesehatan, bermain tenis mungkin aman-aman saja bagi ibu hamil, meskioun ada resiko ketika usia kehamilan makin menua.

Seperti yang dikutip Grid.ID dari Livescience soal risiko berolahraga di masa awal kehamilan.

"Tenis adalah masih olahraga yang baik untuk wanita yang tengah hamil namun mereka harus bermain di level yang biasa saja," ujar Dr Jonathan Schaffir, ahli kandungan di The Ohio State University Wexner Medical Centre.

(BACA JUGA: Serena William Hamil, Ini Loh Bapak Anaknya)

Namun ia juga menganjurkan untuk tidak bermain tenis dengan durasi dan yang panjang dan intensitas yang tinggi bagi wanita pada umumnya.

"Pada umumnya, jika seorang wanita memang sehat dan tidak memiliki masalah selama masa kehamilannya, dia bisa saja mengikuti segala jenis olahraga," lanjutnya.

(BACA JUGA: Tips Cegah Mual dan Muntah Berlebihan Buat Kamu yang Lagi Hamil Muda)

Namun menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), ada beberapa olahraga yang harus dihindari ibu hamil karena tingginya resiko cedera seperti naik gunung, ski air, surfing, berkuda dan bersepeda.

Selain itu tinju, sepakbola, basket dan ie hockey juga tidak dianjurkan karena memiliki resiko memukul daerah perut. (*)