Find Us On Social Media :

Bulu di Bagian Puting Payudara Ternyata Normal, Begini Penjelasannya

By Rich, Rabu, 26 April 2017 | 22:56 WIB

Rambut pada puting hal yang normal

Grid.ID - Pernahkah saat sedang mandi dan membersihkan area payudara, lalu tiba-tiba menemukan sehelai rambut tumbuh yang tumbuh di area puting? Apakah itu normal?

Jangan panik dulu, ternyata bulu yang tumbuh di bagian puting payudara tergolong normal, kok.

Menurut Lance Brown, M.D., spesialis kulit dari New York, tubuh kita memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak di seluruh bagian tubuh, termasuk di sekitar puting. Jadi, wajar saja bila tumbuh rambut di bagian puting kita.

(Baca Juga: Fakta-Fakta Unik Tentang Bokong Cewek)

Dari sekitar 50 juta folikel rambut yang menutupi tubuh kita, hanya seperlima yang berada di kulit kepala, jadi bisa saja sisanya akan tumbuh di bagian tubuh manapun.

Selain pada bagian puting, rambut juga bisa tumbuh pada lubang telinga, dagu, dan pusar. Rambut pada puting biasanya muncul di luar areola.

Biasanya, rambut di bagian puting tumbuh karena ada fluktuasi hormonal seperti saat hamil atau menopause. Obat-obatan tertentu juga bisa memicu pertumbuhan rambut yang berlebihan, lo. Misalnya, obat yang berkaitan dengan testosteron, danazaol, steroid anabolik, glukokortikoid, cyclosporien, dan fenitoin.

(Baca Juga: Kurang Berisi di Areal ini, Cristiano Ronaldo Pakai Bokong Palsu?)

Bila rambut yang tumbuh muncul berlebihan, bisa saja kita memiliki hirsutisme yang menyebabkan rambut tumbuh berlebih di bagian tubuh perempuan. Ini bisa disebabkan oleh faktor genetik atau kondisi yang lebih serius, seperti sindrom ovarium poliklistik (PCOS).

Rambut pada puting merupakan hal yang normal dan tidak membahayakan. Namun, mungkin bisa saja mengganggu kita, apalagi bila terus tumbuh dan bertambah. Gunakan pinset bila kita ingin mencabutnya. (*)

(Baca Juga: Mau Senang-Senang di Wahana Permainan, Cewek Ini Jadi Bahan Tontonan Karena Celananya Melorot Sampai Pantat)

(Dionysia Mayang)