Find Us On Social Media :

Segelas Jus Buah Bit Setiap Hari, Bisa Bantu Cegah Risiko Terkena Jantung

By Kama, Rabu, 17 Mei 2017 | 02:55 WIB

Buah Bit bisa mencegah penyakit jantung.

Grid.ID - Segelas jus Buah Bit dipercaya bisa mengurangi risiko serangan jantung, menurut sebuah penelitian. 

Jus Buah Bit, bisa dikatakan sebagai sumber diet nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah. 

Temuan yang dipublikasikan di Journal Of Physiology-Heart And Circulatory Physiology menunjukkan bahwa suplemen dalam buah bit bisa mengurangi overstimulasi sistem saraf simpatik yang bisa menyebabkan jantung berdebar lebih kencang. 

(BACA JUGA: 2 Jam Mengintip Kehidupan Pemadam Kebakaran, yang Pantang Pulang Sebelum Padam)

"Studi ini menemukan bahwa suplementasi nitrat akut menggunakan jus bit dapat mengurangi aliran keluar simpatis otot saat istirahat dan selama latihan," ujar peneliti dari University Of Guelph, Canada, dikutip dari Express.co.uk.

Dalam penelitian tersebut, tim tersebut menyelidiki 20 relawan dewasa muda dengan usia rata-rata 27 tahun, yang mengambil bagian dalam dua tes, di mana mereka menerima suplemen nitrat atau plasebo.

Para peneliti mencatat tekanan darah, denyut jantung dan aktivitas saraf simpatis otot (ASSO) dan aktivitas otot yang diukur saat istirahat dan selama latihan dengan tangan peserta yang tidak dominan. 

(BACA JUGA: Film Pirates of Carribean Dead Men Tell No Tales Kena Hack, Disney Dipaksa Bayar Tebusan)

Hasilnya menunjukkan bahwa ASSO lebih rendah saat para relawan minum jus bit dibandingkan saat mereka minum plasebo.

"Anehnya, tidak ada perbedaan tekanan darah yang terdeteksi saat istirahat atau saat berolahraga," tutup para peneliti. (*)