Find Us On Social Media :

Tepat di Ulang Tahun ke-87, Kartini Muljadi Luncurkan Buku ‘Batik Indonesia: Sepilihan Koleksi Batik Kartini Muljadi’

By Ridho Nugroho , Kamis, 18 Mei 2017 | 16:32 WIB

Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-87, buku berjudul Batik Indonesia: Sepilihan Koleksi Batik Kartini Muljadi

Laporan Wartawan Grid.ID,Gerwyn Hermawan

Grid.ID – Kecintaannya akan batik Indonesia mengantarkan seorang pebisnis, tokoh publik sekaligus pakar hukum Kartini Muljadi untuk merilis sebuah buku.

Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-87, buku berjudul Batik Indonesia: Sepilihan Koleksi Batik Kartini Muljadi menjadi bukti seorang Kartini Muljadi sebagai salah satu anak bangsa yang berusaha terus melestarikan salah satu kekayaan asli Nusantara.

(BACA JUGA: Belanga Wastra, Koleksi Busana Muslim Motif Tenun Batik Nusantara 2017 dari Kamilaa by Itang Yunasz)

"Bagi saya, kain batik mewakili perasaan mendalam tentang kasih sayang yang saya terima dari nenek, mengingat ibu saya pergi begitu cepat dari kehidupan kami. Dalam keseharian, nenek selalu menggunakan batik sehingga batik lekat mewarnai kehidupan saya sejak dini," ungkap Kartini Muljadi kepada Grid.ID di kawasan Mahakam, Jakarta Selatan(17/5).

Acara peluncuran buku Batik Indonesia: Sepilihan Koleksi Batik Kartini Muljadi digelar di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2017), dan dihadiri oleh Kepala Badan Eknomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf.

(BACA JUGA: Berburu Batik Pesisir Selatan Sumatera Barat. Motifnya Cakep!)

"Siang ini saya dapat kehormatan dan saya akan mendapat referensi terbaru tentang batik. Saya memang harus belajar lagi tentang batik karena harus mempromosikan batik di dalam maupin diluar Indonesia,” ungkap Triawan Munaf dalam sambutannya.

Tak hanya sekedar merilis buku tentang Batik Indonesia, Kartini Muljadi turut menyumbangkan bukunya kepada lembaga pendidikan, universitas ternama di Indonesia dan sejumlah sekolah mode sebagai wujud kepeduliannya akan warisan budaya Indonesia. (*)