Find Us On Social Media :

Asal Takarannya Pas, Makan Cokelat Saat Sahur dan Berbuka Baik Bagi Penderita Jantung, loh!

By Ridho Nugroho , Jumat, 26 Mei 2017 | 18:00 WIB

asupan cokelat yang moderat dengan kandungan kakao yang tinggi bisa menjadi pilihan yang sehat.

Grid.ID – Selain sebagai makanan manis, cokelat juga menjadi makanan penggugah mood alias suasana hati.

Konon, makan cokelat bisa membuat pikiran dan hati lebih bahagia, hehehe…

Namun, batasan memakan cokelat juga harus diketahui agar berat badan kamu nggak cepet naik plus kamu berisiko terkena diabetes.

Jika dikonsumsi dengan benar dan sesuai aturan, sebenarnya cokelat memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan penderita kolesterol, seperti yang dikutip Grid.ID dari Boldsky.

(BACA JUGA: Jangan Jadi Gila Akibat Depresi, Mending Kamu Makan Cokelat Biar Nggak Stress)

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi 6 batang coklat dalam seminggu dapat menurunkan risiko pengembangan jenis detak jantung berbahaya yang terkait dengan risiko stroke, gagal jantung, penurunan kognitif, demensia, dan kematian yang meningkat hingga 20 persen.

"Mengonsumsi coklat dalam jumlah berlebihan tidak dianjurkan karena produk coklat banyang yang mengandung kalori tinggi, gula dan lemak sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah metabolik lainnya,” ujar Elizabeth Mostofosky dari Harvard Chan School, Amerika Serikat.

Tetapi asupan cokelat yang moderat dengan kandungan kakao yang tinggi bisa menjadi pilihan yang sehat.

(BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Minum Cokelat Hangat, Kalau Kamu Enggak Mau Kena Penyakit Berbahaya Ini)

Buat kamu yang memiliki masalah pada kesehatan jantung dan kolesterol, sebaiknya saat bulan puasa kamu tetap dapat menjalani ibadah puasa dengan mengkonsumsi asupan coklat saat menu berbuka atau sahur.

Misalnya saja, kamu dapat menikmati coklat pada saat berbuka ataupun santap sahur sebenarnya memiliki berbagai macam manfaat bagi penderita kolesterol, asalkan jenis cokelat yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan susu full cream ataupun susu yang terlalu tinggi kadar lemaknya.

(BACA JUGA: 5 Toko Cokelat Terbaik. Salah Satunya di Australia!)

Yang paling baik tentu saja mengonsumsi dark chocolate dalam bentuk serbuk dan dilarutkan dengan segelas air panas atau hangat kemudian meminumnya.

Jadi, mengonsumsi coklat dalam jumlah yang kecil dapat berdampak positif buat kesehatan! (*)