Find Us On Social Media :

Jadi Dubber, ini Kesulitan Rio Dewanto

By Novrina, Rabu, 7 Juni 2017 | 21:47 WIB

Rio Dewanto

Laporan Wartawan Grid.ID, Yehezkiel Filemon Septano

Grid.ID - Rio Dewanto saat ini sedang bermain di film Filosofi Kopi 2. Selain itu, ia juga menjadi dubber alias pengisi suara dalam film animasi.

Rio yang sudah dikenal dengan kehebatan aktingnya dalam film layar lebar mengaku sulit ketika harus mengisi suara difilm animasi kartun.

Rio yang berperan mengisi suara dalam film The Secret Life Of Pets mengaku kesulitan dalam menyamakan suaranya.

"Kesulitan mungkin menyamakan suara. Karena kita dubbing sesuatu yang dah ada gambarnya.

Jadi secara mulut pun udah ada. Dan kita yang harus menyesuaikan. Itu sih yang sulit,"ujar Rio di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

(BACA JUGA Hallo Gimana Sih! Mau Jadi Orang Tua, Tapi Kok Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan Nggak Tahu Apa-Apa Soal Bayinya)

"Dan secara emosi juga kadang-kadang, misalnya saya lagi seneng banget. Tapi saat itu ternyata emosinya harus yang sedih.

Nah itu untuk menyamakan emosinya harus butuh di atur dulu untuk bisa masuk ke emosi itu. Tapi yang paling susah menyamakan mulut," tambah Rio.

Rio juga menyampaikan kepada rekan media bekerja sebagai aktor untuk berakting di depan kamera dan berakting untuk pengisi suara merupakan pekerjaan yang memiliki kesulitan masing-masing.

"Dua-duanya punya kesulitan masing-masing. Tapi mungkin kalau misalnya jadi dubber waktunya nggak sepanjang kalau di film.

Saya jadi max aja naskahnya setebel ini (sejengkal lah tebelnya) dan banyak banget scenenya. Tapi tiga hari selesai. Kalau film kan nggak mungkin banget. Jadi secara waktu lebih sedikit, “ terangnya.

(*)