Find Us On Social Media :

Stop Merokok Saat Masa Kehamilan, Dampaknya Bisa Merusak Hati Janin

By Way, Kamis, 8 Juni 2017 | 14:38 WIB

ibu hamil

Grid.ID- Merokok selama kehamilan cenderung menyebabkan kerusakan pada organ janin, terutama hati. 

Dampak ini bahkan bisa menjadi permanen dan membahayakan nyawa janin, ungkap sebuah penelitian. 

Temuan yang dipimpin oleh para peneliti dari Universitas Edinburgh, menunjukan bahwa terdapat 7000 bahan kimia yang terdapat dalam rokok, dan berkembang dalam sel tubuh. 

(BACA JUGA Ngeri, Jangan Lakukan Aktivitas Ini Saat Hamil, Bahaya Buat Calon Bayi Kamu! )

Hati memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme sekaligus berfungsi untuk membersihkan zat racun dari dalam tubuh.

Para peneliti juga menyatakan bahwa bahan kimia ini merusak hati janin laki-laki dan perempuan secara berbeda. 

Hati janin laki-laki akan lebih rusak pada parut hati, dan janin perempuan menunukan lebih banyak kerusakan pada metabolisme sel. 

(BACA JUGA TERPOPULER: Sosok Saddam Husein yang Bikin AS Malu, Uang Kakek Tua Dirampas Pembeli, dan Jagoan MMA Hajar Pacarnya )

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archives of Toxicology, tim ini mengembangkan cara baru untuk menganalisis efek merokok ibu hamil pada jaringan hati, dengan menggunakan sel induk embrionik. 

"Asap rokok diketahui memiliki efek merusak pada janin, namun kita kekurangan alat yang tepat untuk mempelajari hal ini dengan sangat rinci. 

"Pendekatan baru ini membuat kita sekarang memiliki sumber jaringan terbarukan yang memungkinkan kita memahami efek seluler dari rokok pada janin yang belum lahir, " tutup David Hary dari Universitas Edinburg. (*)