Find Us On Social Media :

Penyebab Kulit Wajah Kusam Kering Kemerahan Saat Puasa Ternyata Karena Ini…

By Ridho Nugroho , Jumat, 23 Juni 2017 | 15:00 WIB

Kenali penyebab dan solusi masalah kulit dehidrasi yang mengurangi tampilan wajah cantik kamu.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ridho Nugroho

Grid.ID – Bukan hanya bagian bibir saja, kamu mungkin pernah mengalami kulit yang terasa lebih kering, kusam atau bahkan mengelupas selama menjalani ibadah puasa? Iya nggak, sih?

Simpelnya, potensi kulit mengalami dehidrasi meningkat pada seseorang yang sedang berpuasa.

Penyebabnya, dimana kadar air dalam tubuh berkurang secara drastis dikarenakan selama lebih dari 12 jam orang tersebut tidak minum.

( BACA : Tak Cuma Buat Diet, Ini 5 Manfaat Kentang Untuk Kecantikan, Termasuk Atasi Kulit Berminyak )

Ini belum diperparah dengan tambahan aktivitas serta paparan polusi, bahaya sinar matahari sekaligus radikal bebas yang membuat kulit mudah stres dan tentunya kehilangan kadar air plus kelembapan alaminya.

Tapi, tunggu dulu, kondisi kulit dehidrasi biasanya bersifat sementara dan dapat terjadi pada segala jenis kulit, baik pada kulit kering, normal, kombinasi, maupun berminyak.

Kulit dehidrasi biasa ditandai dengan kondisi kulit yang tidak nyaman, lebih sensitif, kemerahan dan gatal, serta kehilangan sinar alaminya.

Walaupun kondisi ini bersifat sementara, namun dibutuhkan penanganan segera agar kulit tidak terus menerus kehilangan air dan menyebabkan masalah kulit lebih lanjut, seperti penuaan dini.

( BACA : Malu Karena Kulit Kering dan Kasar? Ini Rekomendasi 4 Produk untuk Hindarkan Kamu dari Kulit Kering )

“Untuk menjaga kulit tetap dalam performa terbaiknya, diperlukan keseimbangan kadar air kulit. Keseimbangan kadar air dalam kulit berperan penting dalam menjaga fungsi utama kulit sebagai pelindung tubuh dari lingkungan luar dan menjaga kadar air dalam tubuh,” jelas Dr. Jonathan Raharjo Subekti SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin pada Grid.ID saat acara Buka Puasa Media Bersama Bioderma di Locanda, Senayan, Jakarta, Senin 19 Juni 2017 kemarin.

Dr. Jonathan pun menambahkan bahwa untuk mengembalikan kadar air pada kulit yang kering dibutuhkan pelembap yang mengandung bahan pelembap alami tubuh atau NMF (Natural Moisturizing Factors) yang dapat menarik air yang berada di dalam kulit dan juga bersifat menahan penguapan dengan memperlambat pelepasan air ke udara yang dikenal dengan istilah TEWL (Trans Epidermal Water Loss).

( BACA : 5 Kegunaan Micellar Water Selain Untuk Bersihkan Makeup yang Pasti Kamu Belum Tahu )

“Paham akan hal tersebut, Bioderma menemukan solusi mendalam cara menghidrasi kulit dan menjaga kesehatan kulit dengan hasil yang lebih tahan lama. Rangkaian Hydrabio terbaru ini sebagai solusi untuk kulit dehidrasi,” ujar Nurul Aini, PR & Media Relations Manager Bioderma Indonesia.

Hydrabio Essence Lotion merupakan lotion dengan tekstur yang menyerupai air dan memberikan sensasi segar pada kulit, serta berfungsi untuk memicu tingkat kelembaban kulit dan membantu mencerahkan kulit secara alami.

Hasil test menunjukkan bawah sebanyak 72% wanita merasa kulit mereka lebih lembut setelah menggunakan Hydrabio Essence Lotion secara berkala. Sedangkan Hydrabio Gel Crème merupakan pelembab harian yang terasa ringan pada kulit, dan berfungsi untuk membantu melembapkan kulit secara intensif.

“Selain mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin dan tentunya air dalam tubuh, untuk menjaga agar kulit tetap cantik sehat dan lembap juga harus dengan perawatan wajah yang menyeluruh yang mampu menghidrasi kulit,” tutup Nurul Aini. (*)