Find Us On Social Media :

Doyan Pakai Makeup Tapi Nggak Mau Muka Jerawatan? Makanya Lakukan Ini dong!

By Ridho Nugroho , Sabtu, 1 Juli 2017 | 13:58 WIB

Tips agar wajah bebas jerawat meski pakai kosmetik menjadi solusi bagi mereka yang mengaku tidak bisa lepas dari kosmetik.

Grid.ID – Makeup memang menjadi ‘senjata’ nomor satu yang ampuh dan mudah untuk menutupi kekurangan di wajah.

Kosmetik yang berkualitas dan tentunya aman untuk kulit yang disertai teknik makeup yang tepat akan membuat wajah nampak kian sempurna.

Namun, apa daya kalau pemakaian kosmetik pun memiliki andil besar dalam merusak wajah, terutama bila diaplikasikan secara sembarangan.

( BACA : Nih 5 Langkah Mudah Atasi Muka Berjerawat Tanpa Obat Dokter )

Terlebih, akibat pemakaian kosmetik secara berlebihan dapat memicu kondisi kulit tidak sehat dan cepat menua karena terpapar zat kimiawi yang terkandung di dalam produk riasan wajah, meskipun merek tersebut mencantumkan label berbasis mineral.

Makanya, banyak pakar kesehatan menyarankan pemakaian makeup se-minimalisasi mungkin agar kondisi permukaan maupun lapisan dalam kulit wajah tak rentan rusak.

Selain jerawat, vlek hitam, komedo, pori-pori membesar dan kulit kusam diantaranya menjadi akibat keseringan pemakaian kosmetik dalam jangka panjang.

( BACA : Ternyata Smartphone Bisa Bikin Jadi Jerawatan Lho! Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mencegahnya )

Tips agar wajah bebas jerawat meski pakai kosmetik menjadi solusi bagi mereka yang mengaku tidak bisa lepas dari kosmetik.

“Menggunakan kosmetik tergantung dari aktivitas masing-masing individu dan wajib paham pembersihan makeup yang tepat dan benar. Keduanya adalah syarat wajib, jika proses pembersihan kulit wajah sudah optimal sesuai prosedur, maka kombinasikan bersama perawatan kulit yang rutin dilakukan sesuai kondisi dan tipe kulit wajah sehingga wajah tetap bersih, sehat dan bercahaya meskipun menggunakan makeup,” jelas dr. Kartika Ayuningtyas, dokter Euroskinlab cabang Kelapa Gading.

Terkait manfaat kosmetik berbasis air mineral untuk kesehatan kulit wajah, dr. Kartika mengakui bahwa pada dasarnya pemilihan kosmetik ini memang lebih aman dan tidak menutup pori-pori yang mengakibatkan komedo (white head and black head) serta jerawat.

( BACA : 6 Jus Yang Wajib Kamu Minum Untuk Menghilangkan Jerawat )

Berikut tips agar wajah bebas jerawat meski pakai kosmetik: 1. Selektif memilih makeup yang tepat agar kulit sehat terutama jenis makeup yang mengandung mineral lebih banyak. 2. Jangan biasakan tidak menghapus makeup saat beraktivitas yang menguras keringat sehingga menutup pori-pori wajah, contohnya adalah saat berolahraga serta menjelang tidur malam. 3. Terapkan pengaturan waktu pemakaian makeup yang tidak secara terus menerus sepanjang minggu dari pagi hingga malam. 4. Rutin membersihkan sisa makeup secara optimal selepas beraktivitas seharian. 5. Makeup dan jerawat memicu pori-pori wajah semakin membesar. (*)