Find Us On Social Media :

Menurut Sains, Sering Bermain TTS Bisa Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

By Kama, Rabu, 19 Juli 2017 | 01:30 WIB

Teka teki silang atau TTS

Grid.ID - Kamu suka bermain TTS atau Teka Teki Silang?

Jika iya, selamat! Menurut penelitian sering mengisi TTS bisa memerbaiki fungsi otak dan menjaga otak sepuluh tahun lebih muda dibanding yang lain.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering orang terlibat dengan teka-teki silang,  semakin baik kinerjanya pada tugas kognitif yang menilai perhatian, penalaran, dan ingatan.

(BACA: CEO Ganteng Telegram Minta Maaf ke Pemerintah Indonesia, Warganet Malah Gagal Fokus)

Hal ini juga bisa mengurangi risiko Alzheimer pada usia senja.

Selanjutnya, orang-orang seperti itu juga memiliki fungsi otak yang setara dengan sepuluh tahun lebih muda dari usia mereka dalam ujian kecepatan penalaran gramatikal dan akurasi memori jangka pendek.

"Kami menemukan hubungan langsung antara frekuensi penggunaan kata teka-teki dan kecepatan dan ketepatan kinerja pada sembilan tugas kognitif yang menilai berbagai aspek fungsi, termasuk perhatian, penalaran, dan ingatan," kata Keith Wesnes, Profesor di Universitas Exeter di Britania, dikutip dari Boldsky.

"Kinerja secara konsisten lebih baik pada mereka yang melaporkan terlibat dalam teka-teki dan umumnya meningkat secara bertahap dengan frekuensi penggunaan teka-teki," Wesnes menambahkan.

(BACA: Mengapa Powerbank Bisa Meledak? Ini Penjelasannya)

Untuk studi tersebut, yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer (AAIC) 2017 yang diadakan di London, tim tersebut menganalisa data dari lebih dari 17.000 orang sehat berusia 50 ke atas, diajukan dalam sebuah percobaan online.

Para peneliti menyarankan, seiring dengan menjaga agar pikiran tetap aktif, berolahraga, menghindari merokok, dan mengonsumsi makanan seimbang yang sehat juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan demensia. (*)