Find Us On Social Media :

Makeup Menghasilkan Komedo di Hidung Kamu, Begini Penjelasan dari Pakar Kulit

By Ridho Nugroho , Kamis, 31 Agustus 2017 | 21:05 WIB

Kenali penyebab komedo dan cara menghilangkan komedo yang membandel di wajah.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Suminar

Grid.ID - Selain jerawat, komedo juga salah satu hal yang paling menyebalkan pada setiap orang, karena komedo dapat dialami oleh siapa saja.

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka maupun tertutup, komedo yang terbuka atau blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Sedangkan, komedo yang tertutup atau whitehead memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih.

( BACA : Biar Wajah Nggak Komedo-an, 4 Skincare Ini Nggak Boleh Ketinggalan Diaplikasikan Saat Olahraga ya!  )

Hidung landak atau komedo ini menjadi masalah yang dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri serta mengganggu penampilan.

Dokter Yessi Astrica Gunawan dipl.AAAM dari Genese Aesthetic Clinic menjelaskan tentang komedo secara detail saat ditemui Grid.ID di Jakarta, Selasa 29 Agustus 2017 kemarin.

"Kelenjar pada kulit, kan, terjadi sekresi atau mengelurakan minyak berlebih yang sebenarnya tujuannya adalah untuk melembapkan kulit. Tapi, seringnya proses sekresi ini tertutup debu dan akhirnya menyumbat dan dari situlah timbulnya komedo,” ujar dokter cantik tersebut.

Komedo itu ada dua, yaitu komedo tertutup atau whitehead yang biasanya berwarna putih dan komedo terbuka atau blackhead yang berwarna hitam."

Jika pengertian komedo sendiri sudah kita ketahui, yakni terjadi sumbatan pada kulit, sekarang giliran saatnya kita cari tahu salah satu penyebab komedo itu sendiri.

( BACA : 7 Manfaat Gula Pasir Untuk Kecantikan Kulit Wajah, Salah Satunya Hilangkan Komedo )

Ternyata salah satu penyebab komedo itu adalah dari makeup, loh.

Kok, bisa? Kenapa, ya?

Ternyata sisa-sisa makeup yang belum terangkat saat dibersihkan itu justru akan menyumbat dan menjadi komedo.

"Penyebab komedo juga berasal dari makeup, karena makeup yang kurang bersih pada wajah itu dapat menyumbat kulit dan kemudian menjadi komedo,” tambahnya.

( BACA : Inilah Cara Pakai Extractor Komedo yang Aman, Agar Muka Tak Berjerawat )

Dokter Yessi juga berbagi cara membersihkan makeup pada wajah yang benar agar terhindar dari timbulnya komedo.

“Saran saya gunakan double cleansing, yaitu kombinasi antara micellar water dan sabun pembersih muka. Jadi, bersihkan makeup terlebih dahulu dengan micellar water. Jika sudah bersih, lanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah, bahkan jika diperlukan gunakan micellar water lagi setelah mencuci muka untuk memastikan tidak ada sisa makeup yang tertempel pada wajah," lanjut dokter Yessi Astrica Gunawan dipl.AAAM

Nah, buat kamu yang nggak ingin hidung landak menghiasi wajah, kamu perlu membersihkan sisa-sisa makeup sampai benar-benar bersih, ya. (*)