Find Us On Social Media :

Harmonisasi Budaya, Musik dan Teknologi dengan Mengusung Khazanah Motif Langka Batik Kudus dalam Fashion Show ‘Wedari’

By Ridho Nugroho , Jumat, 29 September 2017 | 16:54 WIB

Djarum Bakti Foundation bersama desainer Denny Wirawan, Epa Jewel dan musisi Yovie Widianto menggelar peragaan busana Wedari.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Fashion kini menjadi salah satu industri yang memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi di bidang industri kreatif di Indonesia.

Berdasarkan catatan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), industri fashion menyumbang 27,9 persen terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) atau bisa dikatakan sumber penyumbang dua terbesar setelah kuliner.

Hal ini membuka peluang bagi para fashionpreneur untuk membesarkan industri fashion yang berakar budaya Indonesia seperti batik untuk dipasarkan baik di negara sendiri hingga pasar Internasional.

( BACA : Terinspirasi Kesederhanaan Wanita Asia, Desainer Denny Wirawan Rilis Koleksi Busana ‘Divine’ Nuansa Pastel yang Anggun )

Hal inilah yang menjadi dasar terciptanya kolaborasi yang cantik antara Bakti Budaya Djarum Foundation bersama Denny Wirawan untuk mengangkat Batik Kudus sebagai satu warisan wastra dari pesisir Jawa Tengah Indonesia ke panggung fashion.

Kolaborasi ini meraih kesuksesan pada peragaan tunggal dan perdana Balijava Batik Kudus pada September 2015 yang bertemakan "Pasar Malam" dan menuai standing applause pada Fashion Gallery New York Fashion Week 2016 lalu.

Merayakan dua dekade berkarya lewat kain dan pola, denny Wirawan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation menampilkan koleksi terbaru Balijava batik Kudus dalam peragaan busana bertajuk Wedari yang dilaksanakan pada hari Kamis (28/09) di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

( BACA : Kenakan Busana Megah Bernuansa Batik, Video Klip Agnez Monica Menuai Pujian Netizen )

"Wedari yang memiliki arti taman bunga ini merupakan pagelaran kolaborasi Bakti Budaya Djarum Foundation bersama Denny Wirawan yang memadukan unsur fashion, budaya, teknologi, dan musik karya anak bangsa yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang menarik," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Selain itu, Wedari juga tampil dengan penuh harmoni dengan memadukan  elemen budaya, tarian, tata panggung dan video mapping karya generasi muda Indonesia, serta keindahan musik karya Yovie Widianto.

( BACA : Wah, Ternyata Baju Batik Sehun EXO Saat Manggung Sama Dengan Dua Orang Indonesia Ini Loh! Ada Yang Kenal NggaK Nih? )

Renitasari juga berharap melalui Wedari, dapat memberikan inspirasi para pecinta fashion dan masyarakat umum untuk semakin mencintai budaya Indonesia mulai dari musik, tarian hingga batik.

Wah, bangga sekali, ya, Indonesia memiliki warisan budaya yang seindah Batik. (*)