Find Us On Social Media :

Istri Ustaz Maulana Meninggal Akibat Kanker Usus, Ketahui 4 Gejalanya Berikut ini

By None, Senin, 21 Januari 2019 | 08:39 WIB

Grid.ID- Kabar duka menyelimuti keluarga besar Ustaz Maulana. Mendiang istri da’I kondang ini dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (20/1/2019) pukul 16.21 di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

Kabar kepergian Hj. Nur Aliah ini pertama kali diketahui dari unggahan Oki Setiana Dewi di akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya diketahui jika istri Ustaz Maulana telah berjuang melawan kanker selama 7 tahun. Meski sudah mengidap kanker selama 7 tahun, namun baru September 2018 lah Hj. Nur Aliah terdeteksi mengidap kanker usus.

Baca Juga : Pindah Agama dan Sempat Tak Akur, Begini Hubungan Bella Saphira dengan Anak Tirinya Sekarang

Kanker usus sendiri termasuk kanker yang mematikan. Jumlah penderita kanker ini juga terus meningkat dari waktu ke waktu.

Menurut penelitian, lebih dari 75-95% kanker usus terjadi pada orang yang terlibat dalam faktor genetik. Oleh karena itu, anda yang memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita kanker usus memiliki 2-3 kali lebih mungkin memiliki kanker usus juga.

Selain faktor genetik, kanker usus juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak, gula, makanan dengan pengawet dan lainnya.Kanker usus lebih umum untuk pria daripada wanita, orang tua daripada orang muda dan akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Baca Juga : Lebih Pilih Pengobatan Alternatif Dibanding Operasi, Begini Kisah Perjuangan Istri Ustaz Maulana Melawan Kanker Selama 7 Tahun

Nah, untuk itu kita wajib mengenali gejala-gejala penyakit usus di bawah ini.

  1. Pendarahan di anus

Salah satu manifestasi paling nyata dari kanker usus adalah munculnya pendarahan di anus. Karena tinja akan melwati tumor, tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga panas dan berdarah di daerah tersebut.

  1. Feses yang Tidak Normal

Ketika feses yang keluar berubah jadi tidak normal seperti berubah warna menjadi putih atau warna lainnya, bisa jadi ini tanda kanker usus berkembang ke tahap yang parah. Fenomena ini biasanya terjadi ketika tumor telah tumbuh besar dan terjepit ke pembuluh darah dan membuat feses tercampur darah atau dengan cairan abnormal lainnya.

Baca Juga : Istri Ustaz Maulana Meninggal, Berikut Foto Suasana di Rumah Duka

  1. Berat badan turun

Tumor atau kanker dalam usus juga mampu mengganggu hormon dan zat dalam tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang tidak Anda harapkan. Secara khusus, berat badan bisa mengalami penurunan drastis.

  1. Sering Muntah

Tumor usus bisa menekan dan mengganggu sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan rasa mual dan memicu rasa ingin muntah. Fenomena ini sering terjadi ketika tumor telah tumbuh besar, menekan bagian perut lainnya dan menyebabkan ketidaknyamanan pada rongga perut. (*)