Find Us On Social Media :

Desainer Rizky Permatasari Ingin Generasi Millennials Mengenal Batik Sumatera Barat dengan Cara Ini?

By Fahrisa Surya, Jumat, 17 November 2017 | 00:54 WIB

Rizky Permatasari salah satu desainer dalam acara INDOCRAFT 2017 | Dinda Tiara/Grid.ID

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti 

Grid.ID - Setiap desainer pasti punya sebuah visi misi dalam setiap koleksi busana yang dirancangnya.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Rizky Permatasari seorang desainer muda yang mempunyai visi untuk mengenalkan kekayaan yang berasal dari daerah asalnya yaitu Sumatera Barat.

Ditemui di acara pagelaran busana bertajuk Minang Oh Minangkabau yang diadakan di INDOCRAFT 2017 pada hari Kamis (16/11) di JCC Senayan Jakarta, Rizky turut memamerkan busana rancangannya dengan bahan dasar kain batik asal Sumatera Barat.

Hal ini dimanfaatkan oleh Rizky untuk mengenalkan bahwa sebenarnya tanah Minang memiliki kain batik yang tak kalah indah dengan batik lainnya.

(BACA: Desainer Rizky Permatasari Kenalkan Batik Asal Sumatera Barat di Ajang Etnik Fashion Week 2017)

Tak hanya itu, sebagai desainer Rizky juga ingin mengenalkan kepada para generasi millennials bahwa batik juga bisa dikenakan dalam kesempatan kasual tak hanya formal.

"Ada salah satu koleksi saya yang saya buat dengan model jumpsuit agar kain batik ini dilirik oleh masyarakat khususnya anak muda, bahwa sebenarnya batik juga bisa loh, dipakai di kesempatan kasual," kata Rizky kepada Grid.ID.

Hal yang harus dilakukan oleh desainer agar para anak muda melirik kain batik adalah dengan cara menghadirkan busana yang sesuai dengan selera anak masa kini.

"Saya harus membaca bagaimana selera anak zaman sekarang, baik dari model, warna hingga corak yang sesuai dengan kepribadian mereka," katanya.

(BACA: Makin Cantik Kala Berbadan Dua, Istri dari Adik Sissy Prescillia, Rini Wulandari Ternyata Kenakan Dress Kayak Gini)

Tak hanya itu, Rizky juga turut menggalakkan cinta kepada kain batik Sumatera Barat dengan mempromosikannya melalui akun sosial media pribadinya.

Hal ini dilakukan olehnya karena ia sadar betul bahwa masih kurang perhatian dari masyarakat terhadap batik asal Sumatera Barat ini.

Yang terlebih penting adalah untuk membuat para pengrajin batik di Padang tambah semangat dan sebagai desainer Rizky bertanggung jawab untuk mengolah kain tersebut menjadi busana yang sama indahnya dengan corak khas Sumatera Barat. (*)