Find Us On Social Media :

Jangan Sepelekan, Ternyata Oli Bekas Motor Punya Banyak Manfaat!

By None, Jumat, 8 Maret 2019 | 15:56 WIB

Slamet, pengepul oli bekas

Grid.ID - Saat melakukan servis motor di bengkel, kamu pasti pernah dibuat penasaran untuk apa oli bekas motor dikumpulkan.

Biasanya saat mengganti oli, para mekanik akan menampung oli bekas ke dalam wadah drum besar.

Meskipun terdengar sepele, ternyata oli bekas ini memiliki banyak manfaat, lho!

Baca Juga : 7 Desa Tersembunyi Paling Unik di Dunia, Terletak di Kawah Gunung Merapi hingga Tengah Gurun Pasir!

Oli bekas selama ini diketahui termasuk ke dalam limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).Nah, kebetulan GridOto.com menemukan salah satu pengepul oli daerah di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Menggunakan mobil jenis pickup, pengepul oli bekas itu mendatangi bengkel-bengkel motor untuk membeli oli bekas.

Baca Juga : Wanita ini Hamil 3 Bulan dan Divonis Meninggal, Sehari Kemudian Terdengar Suara Misterius dari MakamnyaGridOto pun bertanya untuk apakah oli bekas yang dikumpulkan itu."Biasanya digunakan untuk bahan campuran aspal, buat proyek-proyek jalanan," ucap Slamet, pengepul oli bekas kepada GridOto.com.

Namun, ternyata tidak semua oli bekas dijadikan untuk bahan campuran aspal.

Baca Juga : Momen Mengharukan Bayi Bangunkan Ibunya yang Koma Selama Lebih dari 3 MingguSeperti di wilayah Sawangan, Pasir Putih dan Sasak Panjang, Bogor, Jawa Barat oli bekas malah digunakan sebagai bahan bakar."Kalau kami buat bahan bakar kompor tungku untuk memantangkan macam-macam. Bisa mematangkan batu bata, kapur bahkan buat aspal, banyak deh," tambahnya di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Harga oli bekas pun termasuk murah lho!

Baca Juga : Mengenal Ceplukan, Buah Bernilai Fantastis yang Dulu Diabaikan Namun Kaya Manfaat"Kalau drum yang 8 literan itu biasanya saya hargai Rp 20 ribuan. Drum besar bisa Rp 100 ribuan. Tergantung besar wadah dan volume oli bekasnya aja," tutupnya.Ternyata banyak juga manfaat dari oli bekas ini.

Pantas saja oli bekas selalu dikumpulkan! (*)Artikel ini pernah tayang di Gridoto.com dengan judul Ternyata Oli Bekas Motor yang Dikumpulkan Bengkel Dibuat Beginian