Find Us On Social Media :

Bertandang ke Yogyakarta Belum Sah Kalau Nggak Menyeruput Minuman Ini

By Nailul Iffah, Senin, 27 November 2017 | 21:43 WIB

Kopi Joss asal Yogyakarta

Grid.ID - Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata yang ramah penduduknya. Tak heran, banyak pelancong ingin berkunjung ke kota yang terkenal dengan makanan gudegnya. Kali ini ada yang berbeda dari Yogyakarta, mungkin hampir semua pinggir jalan dipenuhi oleh angkringan. Tapi angkringan milik Lik Man, yang sudah berdiri sejak tahun 1950 ini menjadi pelopornya, berada di sebelah Utara Stasiun Tugu.

(BACA JUGA : Manjakan Lidah Dengan di Warung Gelo, Pedasnya Pecah!) Sekilas angkringan Lik Man sama dengan angkringan pada umumnya yang menjajahkan nasi kucing, aneka macam gorengan, macam-macam sate dan minuman hangat. Nah, satu yang paling spesial dari angkringan Lik Man adalah Kopi Jos, ini bukan sembarang kopi, loh! Biji kopi yang langsung diambil dari Klaten, kemudian disangrai dan ditumbuk sampai halus. Setelah biji kopi digiling sampai halus, lalu disimpan dalam wadah tertutup untuk menjaga rasanya.

(BACA JUGA : Liburan Seru Yang Bisa Nambah Wawasan Cuma Ada di Sini, Sayang Bila Dilewatkan) Menariknya adalah proses penyajiannya, kopi diseduh dan ditambahkan dua arang yang sudah bersih namun terlebih dahulu arangnya dibakar. Saat arang yang dicelupkan ke dalam kopi panas yang telah diseduh air panas, muncul suara yang khas. Suara khas tersebut akhirnya diberi nama oleh para pelanggan Lik Man dengan sebutan Jos, hingga detik ini ungkapan kopi jos selalu melekat. (*)