Find Us On Social Media :

Tanpa Dimarahi, Begini 8 Cara Tepat Mendidik dan Mendisiplinkan Anak

By None, Sabtu, 30 Maret 2019 | 08:45 WIB

Tanpa Dimarahi, Begini 8 Cara Mudah Mendidik dan Mendisiplinkan Anak

Grid.ID - Mendidik anak untuk bersikap disiplin memang sudah menjadi tugas orang tua.

Namun kadang mendisiplinkan anak tidaklah mudah, terlebih buat kamu para orang tua yang kadang tersulut emosi saat anak tetap tidak menaati aturan.

Akhirnya, kamu malah mendisiplinkan anak dengan memarahinya.

Hal ini justru bukan cara yang tepat untuk mendidik anak, lho!

Baca Juga : Jual HP Bekas, Hidup Wanita ini Tidak Tenang Setelah Mendapat Pesan dari PemiliknyaApakah hal itu berhasil?

Boleh jadi kelihatannya iya, tapi kenyataannya dalam jangka panjang, semua itu hanya memberikan dampak jangka pendek.Anak disiplin karena takut dengan orangtua atau hukuman yang diberikan, bukan karena disiplin itu perlu dilakukan untuk kebaikan anak.Bila Anda mengalami kesulitan dalam mendisiplinkan anak, mengapa tidak mencoba 8 langkah mudah disiplinkan anak berikut ini.

Baca Juga : Reza Rahadian Janji Akan Sering Menggunakan Moda Transportasi MRT1. Jangan sekali-kali menggunakan kekerasan, baik yang menimbulkan luka maupun yang tidak seperti memukul pantat anak, menampar, mencubit, mengguncangkan badan, dan lain-lain.Juga tak boleh menyerang secara verbal terhadap anak sehingga menimbulkan bahaya psikologis, seperti memaki anak dengan kata-kata yang tidak pantas, memanggil anak dengan nama panggilan negatif, memberikan label buruk, dan lain-lain.2. Hindari penerapan disiplin berupa penarikan kasih sayang seperti berbagai bentuk pengabaian, mengisolasi, menunjukkan rasa tidak suka pada anak, dan lain-lain.Ini akan berakibat buruk bagi perkembangan harga diri serta pembentukan rasa aman anak akan pemenuhan kasih sayang.

Baca Juga : Iis Dahlia Bangga Devano Danendra Aktif Kegiatan Sosial3. Berikan penguatan dan konsekuensi yang wajar.Penguatan (reward) dapat diberikan kepada anak jika ia menunjukkan perilaku positif yang diharapkan.Anak pun harus mendapat kesan bahwa reward merupakan suatu yang istimewa.Oleh karena itu, tetapkan target disiplin yang harus ia lakukan selama beberapa waktu ke depan.

Baca Juga : Regi Datau Banting Test Pack Saat Ayu Dewi Beritahukan Kehamilan Anak ke-3Konsekuensi bisa diberikan jika anak melakukan pelanggaran dari aturan yang telah diterapkan dan dijelaskan.Terapkan secara privat (tidak di depan orang lain).Mengapa? Konsekuensi ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, bukan untuk menciptakan rasa bersalah.Pastinya konsekuensi tersebut harus disertai penjelasan alasannya.

Baca Juga : Akhirnya Luna Maya Tanggapi Hubungannya dengan Faisal Nasimuddin 4. Mulailah dari perilaku yang mudah, sesuaikan dengan usia anak.Misalnya, waktu bangun, waktu tidur, belajar dan rutinitas sehari-hari lainnya.5. Untuk tahap awal, berikan penghargaan dan konsekuansi segera setelah anak melakukan perilaku yang diharapkan, sehingga ia menyadari apresiasi ini adalah akibat dari perbuatannya.6. Jadikan latihan disiplin sebagai budaya bersama seisi rumah, sehingga anak tidak merasa melakukannya sendirian.

Baca Juga : Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Kematian, Mitos atau Fakta? 7. Bila anak masih melanggar atau melakukan kesalahan, tidak perlu berteriak untuk mengingatkannya.

Cukup contohkan bagaimana seharusnya.Misal, anak tidak mau belajar di jam belajar, cukup temani membaca buku atau mengulang pelajaran yang harusnya dilakukan.Jadikan jam belajar sebagai kegiatan bersama, orangtua membaca buku/majalah/koran untuk menemani anak belajar.

Baca Juga : Pakar Mikro Ekspresi Ungkap Gisella Anastasia dan Wijaya Saputra Tertekan dalam Jalin Hubungannya8. Lakukan pendekatan yang sistematis dan kreatif agar anak bisa memperkuat dirinya dengan cara memperbaiki kesalahannya.Bagaimana melakukan pendekatan itu? Sebagai langkah awal anak harus memahami terlebih dahulu nilai-nilai yang dianut dalam keluarganya.Misal, kejujuran dan penghormatan terhadap diri sendiri dan orang lain.Selanjutnya, nilai-nilai yang dianut tersebut dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki kesalahan dan memperkuat pribadi.

Baca Juga : Polisi Akhirnya Temukan Pelaku Pembunuhan Calon Pendeta Dengan begitu, anak disiplin karena sadar semua itu baik buat dirinya atau sesuai dengan nilai-nilai positif, bukan karena agar terhindar dari hukuman, mendapatkan imbalan, apalagi paksaan/ancaman orangtua.Dicoba yuk 8 langkah mudah disiplinkan anak di atas.Narasumber: Risa Kolopaking, Mpsi.(Saeful Imam) (*)Artikel ini sudah tayang di Nakita.Grid.Id dengan judul 8 Langkah Mudah Disiplinkan Anak, Tanpa Teriak Tanpa Amarah