Find Us On Social Media :

Dikenal Hemat Listrik, Lampu LED Ternyata Bisa Memicu Kerusakan Retina Mata

By None, Sabtu, 30 Maret 2019 | 15:30 WIB

Lampu LED

Grid.ID -Lampu LED menjadi salah satu jenis lampu yang kini populer digunakan sebagai penerang di dalam rumah.

Bukan tanpa alasan, lampu LED memang dikenal lebih hemat listrik dibandingkan dengan lampu kuning yang dulu banyak digunakan.

Bukan hanya digunakan untuk penerang ruangan, lampu LED juga ada pada layar komputer dan gawai alias gadget yang kita miliki, lho!

Baca Juga : Berperan Sebagai Bossman, Reza Rahardian Butuh Waktu 1,5 Jam untuk DandanBerbagai lampu LED sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ya Moms.Namun tahukah Moms, jika terlalu banyak terpapar sinar lampu LED bisa sebabkan kebutaan?Kebutaan yang disebabkan oleh cahaya biru pada lampu LED karena merusak retina.

Baca Juga : Aksi Kejam yang Dilakukan Oleh Seorang Ibu Terhadap Putrinya Ini Menyita Perhatian MasyarakatSeorang peneliti bernama Dr Celia Sanchez-Ramos dari Unversitas Madrit mengatakan bahwa terpapar sinar LED terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan retina.Menurutnya pula, anak kecil lebih rentan untuk terkena dampak dari cahaya LED karena sistem syarafnya belum sekuat orang dewasa.Sehingga sebaiknya perhatikan usia Si Kecil sebelum memberikan gawai agar ia tidak terkena dampak dari LED bagi matanya ya.

Baca Juga : 'Seret' Luna Maya untuk Nyanyikan Lagu 'Sang Penggoda', Tata Janeeta: Nggak Boleh Nangis!Retina sendiri merupakan sebuah bagian dari mata yang berfungsi untuk menangkap semua gambaran yang dilihat oleh mata kemudian diteruskan ke dalam kornea.Dalam retina terdapat banyak jutaan sel yang peka akan cahaya sehingga jika mata terkena paparan lampu LED terus menerus bisa merusak kepekaan cahaya tersebut.Alhasil, penglihatan akan menjadi terganggu.Lampu LED salah satunya memancarkan cahaya biru yang ternyata bisa membuat dampak yang kurang baik pada mata.

Baca Juga : Bakal Jadi Keluarga, Olla Ramlan dapat Sambutan Selamat Datang dari Teuku ZackySinar biru tidak hanya terdapat pada lampu LED saja namun juga pada layar komputer dan gawai yang sering kita gunakan.Dilansir dari Independent.co.uk, peneliti mengungkapkan bahwa cahaya biru seperti pada sinar LED yang ada pada berbagai alat elektronik seperti gawai bisa menyebabkan kebutaan.Selain itu, salah seorang lulusan S2 dari Universitas Toledo bernama Kasun Ratnayake, PhD menjelasakan bahwa paparan sinar biru pada retina bisa membunuh sel photoprotector pada mata.

Baca Juga : Penelitian Membuktikan Kecerdasan Anak Ternyata Diturunkan dari Ibu"Photoprotector pada mata tidak bisa beregenerasi jika telah mati," jelas Ratnayake.Sebaiknya gunakan kacamata yang dilengkapi dengan pelindung mata dari UV dan cahaya biru agar mata tetap terhindar dari dampak retina rusak hingga kebutaan.Selain itu pula Moms bisa mengistirahatkan mata dengan sistem 20-20-20.

Baca Juga : Regi Datau Banting Test Pack Saat Ayu Dewi Beritahukan Kehamilan Anak ke-3Setelah terpapar sinar biru cukup lama seperti pada layar komputer, sebaiknya setiap 20 menit sekali atur jarak melihat objek lain sejauh 20 kaki selama 20 detik.Selain itu batasi penggunaan lampu LED di rumah ya Moms! (*)Artikel ini pernah tayang di Nakita.grid.id dengan judul Hati-hati! Lampu LED yang Hemat Listrik Ternyata Bisa Merusak Retina Loh