Find Us On Social Media :

Tips Perawatan Batik Bahan Sutra yang Tepat dari Desainer Barli Asmara

By Ridho Nugroho , Jumat, 15 Desember 2017 | 01:15 WIB

Barli begitu terpikat dengan semburat hitam putih yang akhirnya ia tuangkan kembali dalam koleksinya bertajuk ‘Jambi Kain Negeriku’.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rini Listia

Grid.ID – Menyimpan filosofi penuh makna yang merupakan sebagai salah satu warisan kebudayaan Indonesia, sudah sepatutnya batik menjadi busana nomor satu yang pantas dipakai di berbagai kesempatan.

Apalagi saat ini, banyak desainer terkenal Indonesia yang merancang busana batik dengan gaya modern sehingga kesan elegan dan modis tetap terlihat tanpa mengurangi pesona motif batik itu sendiri.

Beruntungnya, para pelaku industri kreatif mode juga sangat pandai menciptakan model busana dari batik yang tidak kalah mewah dan memikatnya dengan busana pada umumnya.

(Dian Pelangi Pamerkan Busana Batik dengan Teknik Arsiran di Panggung Mode Jakarta Fashion Week 2018)

Nah, jika sudah menyukai dan mengoleksi busana serta kain batik, kamu juga harus tahu, dong, cara perawatan busana batik bahan sutra tersebut.

Salah satu yang sering disayangkan ialah perubahan warna yang kerap terjadi akibat proses pencucian batik yang keliru.

(Biar Terlihat Kekinian, Pakai Busana Batik dengan Cara Ini, Dijamin Tampilan Tetap Modern dan Modis)

Seperti yang diutarakan oleh Barli Asmara yang banyak mengangkat pesona kain khas Jambi yang selama ini dianggap kuno kemudian dikelola dengan cara yang modern agar disukai para pencinta fashion.

Saat ditemui oleh Grid.ID pada acara peluncuran Electrolux UltraEco Front Load Washer di Rumah Marroco Menteng, Jakarta Pusat, desainer yang juga merupakan anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia ini pun memberikan beberapa tips untuk para wanita dalam melakukan perawatan untuk kain batik.

(Terkenal dengan Rancangan Busana Batik yang Nyentrik, Ini Visi Desainer Lenny Agustin)

“Sebaiknya jika kamu menggunakan kain batik dengan bahan viscose dan sutera sebaiknya jangan pernah menggunakan parfum pada pakaian berbahan batik tersebut,” ujar Barli Asmara kepada Grid.ID (*)