Find Us On Social Media :

Semakin Mudah Menjangkau Bali dan Lombok Dengan Kapal Cepat, Bisa Pangkas Lama Perjalanan

By Alfa Pratama, Jumat, 5 Januari 2018 | 20:09 WIB

Kapal Marina Srikandi saat datang di Pelabuhan Pantai Boom Banyuwangi, Kamis (28/12/2017)

Grid.ID - Pengembangan aksesibilitas ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus dikembangkan.

Hal ini dibuktikan dengan pengoperasian Kapal Cepat Marina Srikandi yang menghubungkan rute Banyuwangi-Denpasar (Bali) dan Lombok yang mulai operasi pada 30 Desember 2017.

Dengan menggunakan kapal ini, wisatawan hanya menempuh 2 jam perjalanan dari Dermaga Kedonganan, Denpasar menuju Dermaga Pantai Boom Banyuwangi.

Jika lewat jalur darat, rute itu biasanya ditempuh sekitar lima-enam jam melalui gabungan jalur darat dan penyeberangan dengan kapal feri.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kapal cepat ini akan menjadi moda alternatif bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Banyuwangi.

(Ditangkap Kasus Narkoba, Tenyata Begini Lho, Gaya Hidup Istri Wakil Wali Kota Gorontalo)

“Dalam konteks pemasaran, kita tidak akan mungkin melepaskan diri dari Bali dan Lombok. Khususnya Bali, ini harus kita manfaatkan karena di sana pasar utama wisatawan mancanegara. Hampir 5 juta turis asing datang ke sana tiap tahun, dan itu sebagian harus kita tarik mampir ke Banyuwangi. Nah kapal cepat ini memudahkan pemasaran Banyuwangi ke para turis yang ada di Bali maupun Lombok,” kata Anas yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com.

Direktur Marina Srikandi, Mulyono Sugito saat uji coba pelayaran pertama mengatakan, sebagai tahap awal, dibuka satu kali trip Banyuwangi-Bali dengan kapal menginap di Banyuwangi.

“Kita akan buka dua kali trip seiring dengan pertumbuhan pasar ke depan,” ujar Mulyono.

Ia juga mengaku optimis karena kapal tersebut terkoneksi langsung dengan Lombok yang secara otomatis akan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Banyuwangi juga menjaring wisatawan domestik.

Mulyono menambahkan, kapal cepat ini berkapasitas 145 orang dengan panjang 21,84 meter dan lebar 6,30 meter. (*)

(Inilah 5 Fakta Kehidupan Asmara Yon Koeswoyo, Mulai Cinta Pertamanya Hingga Perceraiannya)

Artikel ini juga tayang di Kompas.com dengan judul Asyik! Ada Kapal Cepat Rute Banyuwangi-Denpasar Bali dan Lombok