Find Us On Social Media :

Bukti Kerendahan Hati Yon Koeswoyo di Mata Musisi!

By Al Sobry, Sabtu, 6 Januari 2018 | 16:50 WIB

Bukti Kerendahan Hati Yon Koeswoyo di Mata Musisi!

Laporan Wartawan Grid.ID, Nurul Nareswari

Grid.IDYon Koeswoyo tidak hanya dikenal dengan karya-karyanya yang menginspirasi masyarakat Indonesia.

Vokalis sekaligus gitaris band legendaris Koes Plus ini juga dikenal dengan kerendahan hatinya di mata sesama musisi.

Contohnya, Glenn Fredly yang sempat berbincang bersama Yon.

(Yon Koeswoyo Meninggal, Glenn Fredly: Indonesia Kehilangan Arsitek Musik)

Saat itu, Glenn menceritakan Yon memuji musik-musik ciptaannya yang bagi Yon tidak sesederhana lagu-lagu milik Koes Plus.

"Dia ngomong 'waahh lagunya Glenn mah banyak chordnya saya cuma 3 chord'. Dia seniman yang ngomong apa adanya," ucap Glenn ditemui Grid.ID saat di rumah duka kediaman Yon, Jl. Salak, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (5/1/2018).

"Dia bilang 'Wah kalau musik saya mah yang gampang aja, kalau dia mah... (lebih rumit). Tapi saya jadi terharu musik saya didengar beliau," lanjutnya.

Tidak hanya Glenn yang merasakan kerendahan hati seorang Yon Koeswoyo namun juga personil band indie T-Koes yang merupakan singkatan dari Terinspirasi Koes Plus.

"Ini kenangan dan keheranan kita juga sih. Beliau suka sampai tanya telepon ke Ghali (salah satu personil T-Koes), misalnya lagu Andaikan Kau Datang, kan lagu ini udah 50 tahun lalu. 'Ghali kalau kamu nyanyi Andaikan Kau Datang, kemari atau kembali?"

"Padahal kan itu lagu beliau. Ghali jawab 'kalau saya kembali,' terus om Yon bilang 'ya udah saya kembali juga deh'."

"Itu kenangan kerendahan hati dari seorang legend ya. Banyak hal yang dia lupa, karena da ribuan lagu," cerita Agusta, salah satu personil T-Koes yang juga pernah menjadi ketua komunitas Koes Plus di Jogja. (*)