Find Us On Social Media :

Selalu Isi Tangki Bahan Bakar Hinga Penuh Bila Tidak Mau Mobil Mengalami Dampak Negatif ini

By None, Selasa, 9 Juli 2019 | 19:05 WIB

Ilustrasi mengisi bensin

Grid.ID - Siapa di antara kamu yang sering mengisi bahan bakar mobil tidak sampai penuh?

Kalau kamu sering isi tanki bensin tanpa penuh, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk ini.

Pasalnya, mengisi tangki bensin tidak sampai penuh bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif pada mobil yang kamu kendarai.

Baca Juga: 6 Trik Menata Ruang Kerja di Rumah, Nyaman Namun Tetap Bisa Tingkatkan Produktivitas!

Seperti yang dilansir Grid.ID dari Kompas.com, apabila pengendara nekat nggak mengisi bahan bakar hingga penuh, udara yang berada di dalam nantinya bisa menyebabkan tempat penyimpanan BBM menjadi berkarat.

Apalagi kalau mobil tersebut jarang dipakai, potensi muncul karat akan menjadi lebih besar lagi karena ruang kosong itu akan menjadi ruang untuk udara, yang akan mengganggu kinerja dari mobil itu sendiri apabila dibiarkan dalam waktu lama.

Meskipun begitu, ketika mengisi tangki bahan bakar hingga penuh, disarankan untuk berhenti setelah nozzle BBM berbunyi klik, dan nggak perlu diteruskan sampai menyentuh mulut dari selang pengisian.

Baca Juga: Hampir Dipenggal Untuk Ritual Oleh Keluargaya, Balita 3 Tahun ini Berhasil Diselamatkan Polisi

"Jika mengisi penuh pun disarankan cukup sampai nozzle BBM berbunyi klik saja, tidak perlu sampai ke selang pengisian karena bagaimana pun tangki butuh ruang untuk udara," terang Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha.

Lebih lanjut, Sapta menjelaskan bahwa udara akan keluar melalui lubang hawa apabila tangki BBM penuh oleh bensin, yang otomatis akan membuat bahan bakar terbuang dengan percuma.

"Jadi sebaiknya memang sering diisi penuh, tetapi jika mobil jarang digunakan tidak masalah, asalkan tidak terlalu kosong juga tangki BBM-nya," tambahnya.

Baca Juga: Tak Punya Pendirian, 6 Zodiak ini Dikenal Paling Mudah Dipengaruhi Orang Lain

Sekarang gimana nih sob, masih mau nggak nih ngisi tangki BBM mobil nggak sampai penuh? (*)

Artikel ini telah tayang di Hai Online dengan judul Jarang Orang Tahu, Ini Bahaya Nggak Mengisi Tangki BBM Mobil Hingga Penuh Saat Isi Bensin