Find Us On Social Media :

Gagal Hayati Peran Minke, Hanung Bramantyo Pukul Iqbaal Ramadhan

By None, Kamis, 11 Juli 2019 | 14:01 WIB

Grid.ID - Tak gampang perjuangan para pemeran film Bumi Manusia untuk memerankan tokoh dalam film mahakarya Pramoedya Ananta Toer.

Bahkan, Iqbaal sampai dipukul Hanung Bramantyo karena tidak dapat menghayati peran sebagai Minke disalah satu scene.

Menurut Hanung, bagi aktor yang lahir dari dunia yang serba gampang, akan sulit memainkan karakter yang serba kesulitan.

Untuk itu dibutuhkan olah Jiwa dengan melakukan kegiatan yang sulit sebagaimana katakter yang dimainkan.

Menurut Hanung, karakter Minke sebagaimana yang dituliskan Pram di Novelnya adalah anak muda, berusai 19 tahun, pintar, anak keluarga yang memperoleh kemudahan alias anak pejabat dan kaya.

Baca Juga: Trailer Film Bumi Manusia Trending YouTube, ini 7 Fakta Menarik Dibalik Novel Legendaris yang Wajib Kamu Tahu

Sangat cocok dengan Iqbal. Muda, pintar dan lahir dari lingkungan keluarga, meski bukan pejabat dan kaya, tapi cukup memberikan kemudahan bagi Iqbal.

“ Satu hal yang tidak dimiliki Iqbal dalam diri Minke adalah perasaan tertindas atas hukum kolonial yang sangat rasis. Karenanya, sebagai sutradara saya harus menumbuhkan rasa itu.

"Banyak hal dilakukan aktor dan sutradara dalam menumbuhkan rasa sakit itu. Ada yang dengan semedi, menghadirkan pengalaman batinnya, sambil mendengarkan music, menceritakan hal-hal sedih, atau Ada yang ekstrim dengan cara menyakiti tubuhnya,” ujar Hanung.

“Pada bagian terakhir ini Saya sengaja melakukan pemukulan dengan menggunakan telapak tangan kebagian tubuh yang tak akan menimbulkan resiko berbahaya, seperti bahu.

Baca Juga: Film Bumi Manusia dan Film Perburuan akan Tayang Serentak, Adipati Dolken Sebut Hari Pramoedya Ananta Toer

"Fungsinya bukan untuk menyakiti, tapi merangsang Iqbal agar merasakan rasa teraniaya. Yang harus disadari saat melakukan itu adalah, keduanya harus sepakat bahwa kegiatan itu dilakukan demi kebaikan filmnya,” tambah Hanung.

Namun, suami Zaskia Mecca ini mengaku, tidak semua adegan ia melakukan itu. Hanya adegan yang sangat membutuhkan kehadiran rasa ngilu dan perih saja ia lakukan kepada pemain Bumi Manusia.