Find Us On Social Media :

Mengenal Koopsus, Pasukan Khusus TNI yang Siap Tangani Terorisme

By Candra Mega Sari, Selasa, 30 Juli 2019 | 15:19 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan salam komando bersama Komandan Komando Operasi Khusus TNI Brigjen TNI Rochadi selepas peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Selasa (30/7/2019).

Grid.ID - TNI menambah pasukan elit baru bernama Komando Operasi Khusus (Koopsus).

Dikutip dari Kompas.com, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Koopssus TNI di Markas Besar TNI, Selasa (30/7/2019).

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim pada hari ini Selasa 30 juli 2019 pukul 08.15 WIB Komando Operasi Khusus saya nyatakan diresmikan," kata Hadi dalam upacara peresmian Koopsus TNI.

Baca Juga: Viral, Seorang Anggota TNI Tunaikan Ibadah Shalat di Tegah Suasana Tegang Supporter PSM Makassar di Stadion Mattoangin

Koopsus TNI beranggotakan sejumlah prajurit TNI yang sebelumnya tergabung dalam satuan elite di tiap matra TNI yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Hadi menuturkan, personil Koopsus mempunyai kualifikasi untuk melakukan berbagai operasi khusus baik di dalam maupun luar negeri yang menuntut kecepatan dan keberhasilan tinggi.

"Sebagai satuan elite, personil Koopsus TNI yang berasal dari pasukan khusus dari ketiga matra merupakan prajurit-prajurit pilihan," ujar Hadi.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Salah Tingkah Luna Maya Kala Lihat Ariel Noah Hingga Viral Video Anggota TNI Menangis Mendapati Anaknya Meninggal Dunia

Satuan tersebut dikomandoi oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur A Badan Intelijen Strategis TNI.

Baca Selanjutnya