Find Us On Social Media :

Mudah dan Murah, Begini Tips Membersihkan Kerak Panci yang Gosong dengan Bahan Dapur Sederhana

By None, Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:50 WIB

Mudah dan Murah, Begini Tips Membersihkan Kerak Panci yang Gosong dengan Bahan Dapur Sederhana

Grid.ID - Ada kalanya saat memasak, timbul kerak pada wajan atau panci serta bagian bawahnya berubah menjadi gosong karena terpapar api.

Untuk kamu yang senang masak, tak perlu repot membuang panci dan wajan yang sudah berkerak dan gosong.

Soalnya, kerak dan bekas gosong pada panci dan alat masak ini bisa kamu hilangkan menggunakan bahan alami yang murah dan mudah didapat.

Baca Juga: Biasa Tampil Cetar dengan Riasan Wajah Tebal, Begini Potret Wajah Asli Ayu Ting Ting Makeup, Bikin Pangling!Cara membersihkan panci yang gosong bisa dimulai dengan mengenali masalahnya—apakah bercak gosongnya terjadi langsung pada permukaan panci atau bercak gosongnya merupakan kerak sisa masakan yang menempel di panci.Untuk mengatasinya, ini tips membersihkan panci gosong dan berkerak dengan bahan yang murah dan mudah dibeli.1.  CukaUntuk membersihkan bagian bawah panci dan penggorengan yang gosong, cukup ambil secangkir cuka putih.

Tambahkan dengan beberapa sendok makan baking soda tergantung besarnya noda gosong, lalu beri sedikit air.

Baca Juga: 4 Manfaat Tak Terduga Tidur Tanpa Bantal, Ternyata Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah!Untuk menggosoknya, pakailah spons yang memiliki tekstur kasar.

Selain dengan baking soda, cuka juga dapat dikombinasikan dengan garam.

Isi air ke dalam panci.Masukkan garam dan cuka, lalu rebuslah air dan campuran garam-cuka tersebut hingga mendidih.

Setelah airnya dingin, cuci panci seperti biasa karena kerak gosongnya sudah lebih mudah diangkat.

Baca Juga: Zara Ungkap Alasan Keluar dari JKT48, Tagar #TerimaKasihZara Jadi Trending di Twitter2.  Beras atau Irisan LemonUntuk membersihkan kerak dalam panci, masukkan segenggam beras atau irisan jeruk lemon yang cukup banyak ke dalam panci.Tambahkan sedikit air hangat dan biarkan beberapa saat, lalu guncang-guncangkan panci. Kerak akan berjatuhan sedikit demi sedikit.3.  Minuman BersodaUntuk panci aluminium, tuangkan sedikit minuman bersoda ke dalam panci gosong.

Kemudian, panaskan di kompor dengan api kecil. Baru setelah itu coba bersihkan pancinya.

Baca Juga: Atasi Efek Jahat Daging Kambing dengan Mengonsumsi 5 Makanan dan Minuman ini4.  Soda KueMasukkan air mendidih ke dalam panci atau wajan yang gosong.

Tambahkan satu sendok bubuk soda kue dan rendam selama 15 menit sampai semalaman, tergantung tebal/kerasnya kerak gosong.

Kemudian, buang air dan cuci hingga bersih.Yuk, bersihkan panci gosong dan berkeraknya! (*)Artikel ini telah tayang di iDEA Online dengan judul 4 Tips Jitu Bersihkan Gosong dan Kerak Pada Panci Dengan Bahan yang Murah dan Mudah Dibeli!