Find Us On Social Media :

Tangisan Glenn Fredly Tutup Soundrenaline 2019 di GWK Bali

By Okki Margaretha, Senin, 9 September 2019 | 02:51 WIB

Glenn Fredly sempat menangis saat tampil di panggung utama A Stage Soundrenaline, Minggu (8/9/2019)di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Laporan Wartawan Grid.ID, Okki Margaretha
 
Grid.ID - Glenn Fredly menjadi musisi yang tampil terakhir di panggung utama A Stage Soundrenaline, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali, Minggu (8/9/2019).
 
Tak cuma sekadar membawakan 13 lagu andalannya, Glenn Fredly juga sempat mencurahkan isi hatinya di atas panggung sambil menangis.
 
Momen haru biru itu terjadi ketika Glenn Fredly membawakan lagu kedelapan dari setlist miliknya.
 
Di lagu kedelapan itu, Glenn Fredly membawakan lagu berjudul 'Tanah Perjanjian' yang ia tulis dan sempat juga dia bawakan bersama musisi reggae, Ras Muhamad.
 
Rupanya, lagu berjudul 'Tanah Perjanjian' itu bercerita tentang pesan damai yang harus disebarkan kepada masyarakat, untuk tidak memandang rendah latarbelakang seseorang.
 
Sebelum mulai bernyanyi, kepada penonton, Glenn Fredly sempat meminta izin untuk memakai topi khas yang biasa dipakai masyarakat papua.
 
"Sebelum ini, izinkan saya memakai ini dulu ya," kata Glenn Fredly sambil memakai topi yang biasanya dipakai oleh para lelaki Papua.
 
"Ini lagu yang saya tulis bersama sahabat saya, Ras Muhamad, tahun 2017. Lagu ini bercerita tentang pesan damai, khususnya untuk saudara kita di Papua," kata Glenn Fredly memulai kisahnya.
 
Glenn Fredly menyebutkan jika Bali adalah kota yang didiami oleh berbagai macam orang dari beragam latar belakang. Dan, yang terpenting adalah mereka bisa hidup berdampingan dan damai.
 
Belum juga menuntaskan ceritanya di atas panggung, Glenn Fredly tiba-tiba menundukan wajahnya ke arah lengan tangan kanannya, ternyata Glenn Fredly menangis.
 
Glenn Fredly miris dan sedih dengan berita kurang baik tentang masyarakat Papua yang belakangan ini ramai di pemberitaan.
 
"Di Bali ini kota yang memiliki latar belakang budaya, agama, ras, suku dan bisa mendapatkan kebebasan."
 
"Jadi, jangan bedakan Papua, jangan bedakan warna kulit, stop rasism di negara ini teman-teman!" teriak Glenn dari atas panggung.
 

 
Usai membawakan lagu 'Tanah Perjuangan' yang ia hadiahkan kepada Papua, Glenn menyambungnya dengan lagu 'Lembah Baliem' milik grup rock Slank, di mana lagu itu memang bercerita tentang keindahan dan kearifan masyarakat di tanah Baliem, Papua.
 
Seruan Glenn Fredly dari atas panggung itu, langsung mendapatkan teriakan dan tepukan tangan dari penonton yang memadati venue.
 
Setelah menebar pesan damai dan mengajak penonton Soundrenaline untuk menghentikan aksi rasisme, Glenn Fredly langsung menyanyikan lagu 'Tanah Perjanjian' sambil tetap memainkan gitarnya dan mengenakan topi khas Papua.
 
(*)