Find Us On Social Media :

Ini Jenis Olahraga yang Baik Untuk Penderita Diabetes Menurut Dokter Spesialis

By Ridho Nugroho , Jumat, 23 Februari 2018 | 18:23 WIB

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita diabetes.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Penyakit diabetes banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan jumlahnya selalu meningkat di setiap tahunnya.

Seperti yang dikatakan oleh dr. Mulyani A.S Gultom, SpPD FINASIM, seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam soal fakta bahwa 2 dari 10 orang tidak mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit diabetes.

Dirinya juga mengatakan bahwa sebenarnya risiko diabetes bisa dihindari oleh para penderita penyakit tersebut dengan mengubah pola makan mereka.

(Manfaat Rempah Kayu Manis Untuk Cegah Risiko Penyakit Diabetes dan Kanker Sejak Dini

"Dengan mengurangi konsumsi gula setiap hari, kita bisa membuat gula darah kita turun, kalau tidak bisa mungkin mengganti gula dengan pemanis buatan agar tidak mempengaruhi gula darah pada tubuh kita," jelas dr. Mulyani.

Tak hanya itu, gaya hidup yang sehat juga berpengaruh untuk mengurangi risiko diabetes, salah satunya dengan rutin berolahraga setiap hari.

"Minimal 60 menit selama satu minggu, jadi bisa kita bagi-bagi dua atau tiga kali seminggu itu sudah bisa membuat tubuh kita menjadi lebih bugar," jelasnya.

(Lipatan Kulit Leher yang Gelap Adalah Gejala Awal Tanda Diabetes, Ini Gejala Lain yang Belum Kamu Tahu!)

Beberapa jenis olahraga juga disarankan oleh dr. Mulyani, agar bisa dilakukan oleh para penderita diabetes dalam proses menurunkan jumlah gula darahnya.

"Berenang, sepeda statis, jalan mengelilingi perumahan bisa dilakukan supaya gula dan lemak di tubuh tidak menumpuk," jelasnya.

(Diet Keto Tak Hanya Bisa Dilakukan Untuk Penderita Diabetes, Tetapi Juga Dapat Menurunkan Berat Badan)

Menurutnya, beberapa jenis olahraga tersebut bisa efektif untuk mengurangi jumlah gula darah dalam tubuh sehingga baik untuk dilakukan para penderita penyakit diabetes

Jadi, jangan malas untuk berolahraga setiap hari, ya! (*)