Find Us On Social Media :

Kenapa ya Lampu Pesawat Mendadak Redup Saat Take Off dan Landing?

By Linda Fitria, Kamis, 1 Maret 2018 | 20:44 WIB

Tempat mana aja yang paling jorok di kabin pesawat terbang ya?

Grid.ID - Dear pengguna transportasi udara, pernah nggak sih kamu bingung kenapa lampu pesawat redup saat take off dan landing?

Pasti kebanyakan dari kamu menyadari setiap pesawat hendak take-off dan landing, ada satu hal yang selalu dilakukan yaitu meredupkan lampu di dalam pesawat.

Kebiasaan meredupkan lampu saat pendaratan dan lepas landas adalah standar pengamanan yang sudah lama membingungkan banyak penumpang pesawat terbang.

Banyak wisatawan masih belum paham apakah itu dimaksudkan agar mereka meletakkan buku atau telepon dan fokus, atau pencahayaan itu hanya tipuan staf maskapai untuk memberikan akhir yang dramatis saat mereka mendarat.

Namun, seorang pilot akhirnya mengungkapkan mengapa lampu diredupkan saat pesawat lepas landas dan mendarat.

(BACA : Penumpang Pesawat Dilarang Merokok, Inilah Alasannya Menurut Pihak Maskapai Penerbangan)

Chris Cooke, seorang pilot pada penerbangan domestik ternama, memberitahukan bahwa prosedur tersebut merupakan tindakan yang membuat mata penumpang menyesuaikan diri lebih cepat dengan kegelapan.

Hal ini diperlukan jika terjadi kesalahan saat lepas landas atau mendarat dan evakuasi darurat tiba-tiba dilakukan.

Ia menjelaskan, "Bayangkan berada di ruangan terang lalu tiba-tiba lampu dimatikan dan meminta untuk keluar dengan cepat."

Chris juga menambahkan bahwa penumpang juga diminta untuk menaikkan tirai jendela pesawat dengan alasan yang sama.

Jendela yang tidak terhalang bisa memberikan cahaya alami jika lampu tiba-tiba mati dan membantu mengarahkan penumpang ke tempat yang aman.(*)

(Artikel ini pernah tayang di Nakita dengan judul : "Lampu Pesawat Diredupkan Saat Take Off dan Landing, Apa Alasannya?")