Find Us On Social Media :

Berangkat ke Kenya, Rachel Amanda Jadi Perwakilan Indonesia Bersama Wakil dari 129 Negara Lain untuk Angkat Permasalahan Sosial

By Rissa Indrasty, Rabu, 20 November 2019 | 12:30 WIB

Rachel Amanda saat ditemui Grid.ID di kantor Visinema Pictures, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty

Grid.ID - Rachel Amanda mengungkapkan bahwa dirinya menjadi salah satu volunteer yang berangkat ke Kenya untuk mengikuti konferensi internasional mengenai populasi dan development.

Rachel Amanda mengungkapkan kegiatan yang akan ia ikuti sebagai volunteer berfokus pada permasalahan sosial seperti populasi, wanita, kesehatan, remaja, seksual dan lainnya.

"Acara itu emang udah 25 tahun, konferensi pertama tahun 94. 25 tahun kemudian dibuat lagi dengan pembahasan yang pernah dibahas tahun 94, dengan perkembangannya kayak gimana, kebetulan aku salah satu delegasi pemuda yang ikut konferensi di sana," ungkap Rachel Amanda saat ditemui Grid.ID di kantor Visinema Pictures, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga: Gelar Foto Prewedding Bareng Anak Kesayangan, Jessica Iskandar dan Richard Kyle Tampil Mesra Bergaya Vintage

Awal mula Rachel Amanda berkecimpung sebagai volunteer karena ajakan dari teman kuliahnya yang merasa dirinya cocok untuk menjadi bagian dari kegiatan tersebut.

Tugas Rachel Amanda sebagai volunteer yaitu memberikan masukan saat pemerintah membuat regulasi dari perspektif pemuda Indonesia.

"Kalau di sana aku dan temenku baca statement yang udah bikin dari pemuda Indonesia, maunya gimana, misalnya akses mengenai klinik kesehatan, (pengetahuan) reproduksi lebih terbuka untuk anak muda gimana, biar nggak diskriminatif pada kalangan tertentu aja,"

"Gimana mempertimbangkan temen-temen disabilitas atau temen-temen kelompok marginal, karena bahas pemuda juga bahas tentang pemuda jalanan lainnya yang menurut kita jarang dilihat. Kita juga punya temen pengungsi dari luar juga dan punya hak untuk itu, kurang lebih itu," cerita Rachel Amanda.

Baca Juga: Disebut Punya Kesaktian, Eyang Subur Mengaku Pernah Lolos dari Amukan Api Tahun 1991 yang Hanguskan 3 Ribu Rumah Berkat Firasat Tak Biasa

Belum lagi Rachel Amanda memiliki latarbelakang sebagai mahasiswa psikologi dan juga seorang artis.

"Atasanku pertimbangannya jadi sisi seniman karena yang berangkat itu lembaga atau aktivis, berkecimpungan dunia itu. Jadi lu bisa kasih perspektif lain. Seni emang bisa lewat apa aja medianya, film kek, musik atau lukisan dan lainnya, memang tools lebih kuat ya," kata Rachel Amanda.

Selama 1 minggu di Kenya, selain berkesempatan untuk menikmati kunjungan ke negara tersebut, Rachel Amanda juga sangat antusias mendapatkan pengalaman baru dan relasi dari negara lain.

"Yang seru konferensinya karena 129 negara yang berkumpul, partisipannya 9000 orang. Otomatis kenalan sama temen dari belahan dunia, lalu kemarin konferensi pers selesai aku sempet safari, itu menarik juga ya," tutup Rachel Amanda. (*)