Find Us On Social Media :

Sariawan Nggak Kunjung Sembuh? Ini Cara Menyembuhkan Sariawan Membandel Menurut Dokter Ahli

By Ridho Nugroho , Senin, 12 Maret 2018 | 17:04 WIB

Penyebab sariawan bisa dari berbagai faktor dan tidak boleh disepelekan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Sariawan di mulut menjadi hal yang paling menyebalkan bagi setiap orang dengan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas.

Selain nyeri pasti kamu juga akan merasa kehilangan nafsu makan, dan pastinya harus segera disembuhkan biar nafsu makanmu kembali lagi.

Namun, beberapa orang pasti malah merasa sariawan terasa parah setelah mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya.

(Bukan Hanya Karena Kekurangan Vitamin C, Ini 15 Faktor Lain Penyebab Sariawan)

Nah, biar nggak salah lagi, coba simak cara menyembuhkan sariawan yang baik menurut Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD ini, yuk!

"Menyembuhkan sariawan yang baik bukan hanya di lapisan luar, tapi juga harus diobati dari dalam agar bakteri cepat hilang dan iritasi segera berkurang," jelas dokter Rahmi Amtha yang ditemui oleh Grid.ID di acara Media Briefing Infeksi Rongga Mulut (Sariawan) dan Rekomendasi Pengobatan yang Aman, Jumat (09/03), di kawasan Menteng Jakarta.

Pengunaan antiseptik dirasa cukup menjadi cara yang efektif untuk menyembuhkan sariawan tanpa membuatnya menjadi lebih parah.

(Beredar Larangan BPOM Soal Kandungan Policresulen yang Biasa Terdapat dalam Obat Sariawan, Ini Penjelasannya!_)

"Antiseptik digunakan untuk menurunkan jumlah mikroorganisme pada lesi, bakteri yang menyerang jaringan mukosa akan segera hilang jika kita menggunakan antiseptik," katanya.

Selain pengobatan dari luar, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi berbagai vitamin yang bisa mengembalikan kondisi mulutmu.

(Jangan Anggap Remeh Sariawan di Mulut, Itu Bisa Jadi Pertanda Kanker Mulut )

"Konsumsi multivitamin saat sariawan juga sangat penting, hal ini berfungsi untuk melakukan regenerasi epitel. Kulit di dalam mulut akan kembali membaik seperti semula, dan cekungan pada sariawan akan kembali rata lagi kalau kita membantunya dengan banyak mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan," jelas dokter Rahhmi.

Semoga solusi mengatasi sariawan yang nggak kunjung sembuh ini dapat membantu kamu, ya! (*)