Find Us On Social Media :

Amankah Gunakan Obat Kumur dalam Waktu Jangka Panjang? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

By Ridho Nugroho , Senin, 12 Maret 2018 | 18:39 WIB

Adakah dampak buruk rajin menggunakan obat kumur antiseptik setiap hari? Ini penjelasan dari pakar kesehatan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Dinda Tiara Alfianti

Grid.ID - Kebersihan mulut adalah hal yang paling utama untuk dijaga oleh setiap orang agar senantiasa sehat dan terawat.

Untuk itu, kita diwajibkan untuk menyikat gigi secara rutin setiap pagi dan malam hari, juga dibarengi dengan berkumur menggunakan obat kumur agar mulut tetap segar dan mencegah plak pada gigi sering muncul.

(Waspada, Gunakan Obat Kumur Setiap Hari Ternyata Bisa Memicu Penyakit Serius!)

Selain itu obat kumur juga digunakan untuk mencegah berbagai penyakit mulut, seperti sariawan salah satunya.

Namun, pertanyaan yang sering ada di pikiran beberapa orang adalah amankah menggunakan obat kumur dalam waktu jangka panjang?

(Bikin Bau Tubuh Sesegar Deodoran, Simak 5 Manfaat Tersembunyi Obat Kumur)

"Banyak orang salah kaprah dengan sariawan, pemilihan obat sariawan atau obat jangka panjang tidak berbahaya, karena pastinya obat-obatan tersebut sudah teruji secara klinis dan sudah dipublish oleh BPOM yang dianggap sebagai obat yang aman," jelas Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD yang ditemui oleh Grid.ID di acara Media Briefing Infeksi Rongga Mulut (Sariawan) dan Rekomendasi Pengobatan yang Aman, Jumat (09/03), di kawasan Menteng Jakarta.

Selain itu, dokter Rahmi juga menjelaskan bahwa obat kumur yang kita gunakan setiap hari adalah jenis obat yang jelas tanpa menimbulkan efek samping pada kesehatan mulut kita.

(Gigi Menguning? Bisa Karena Pemakaian Obat Kumur loh, Ini Dia Deretan Penyebab Lainnya)

"Efeknya harus jelas, anti radang, fungsinya harus melapisi kulit apalagi untuk sariawan, mengatasi bakteri, kalau sudah termasuk faktor tersebut, sudah pasti adalah obat yang tepat guna," katanya.

Jadi, sebelum memilih obat kumur coba pastikan komposisi dari obat tersebut ya, dan yang pasti harus aman tanpa efek samping! (*)