Find Us On Social Media :

Ilmuan Menemukan Planet Mirip Bumi yang Memiliki Air Jernih dan Diduga Memiliki Kehidupan Alien

By Adrie P. Saputra, Rabu, 14 Maret 2018 | 14:31 WIB

Para ilmuwan telah menemukan 15 planet baru yang mengorbit bintang kecil dan sejuk yang dikenal sebagai kurcaci merah di dekat tata surya kita.

Laporan Wartawan Grid.ID, Adrie P. Saputra

Grid.ID - Para periset menemukan 15 planet baru sangat mirip dengan sistem tata surya di Bumi, salah satunya disebut planet K2-155d.

15 planet baru tersebut mengorbit bintang kecil dan sejuk yang dikenal sebagai 'kurcaci merah' di dekat tata surya kita.

Yang menarik adalah planet yang digambarkan oleh para peneliti sebagai 'Bumi Super', diduga kuat memiliki air jernih dan mungkin ada kehidupan alien yang potensial.

Para periset, dari Institut Teknologi Tokyo, mengatakan bahwa kurcaci merah adalah penelitian besar untuk studi tentang pembentukan planet dan evolusi.

K2-155d berjarak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi, dan memiliki ukuran yang lebih besar dari planet kita sendiri.

(BACA: Seorang Ilmuan Mengatakan Bahwa NASA Telah Menyembunyikan Bukti Fosil Alien di Planet Mars)

Menurut para periset, ada tiga planet yang disebut 'Bumi Super', planet terluar, K2-155d, memiliki zona layak huni.

Teruyuki Hirano, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, "Dalam simulasi kami, atmosfer dan komposisi planet diasumsikan mirip dengan Bumi, dan tidak ada jaminan pasti mengenai penelitian ini."

Para periset juga menemukan bahwa 15 planet baru sangat mirip dengan planet di sistem tata surya kita sendiri.

Dr Hirano mengatakan, "Sistem kurcaci merah paling menarik, baru mulai diselidiki, jadi target penelitian planet untuk di masa mendatang."

Para peneliti sekarang berharap untuk mempelajari planet-planet lebih jauh tentang bagaimana mereka terbentuk, dan apakah mereka dapat mendukung kehidupan alien. (*)