Find Us On Social Media :

Berabad-abad Lamanya Indonesia Dijajah Bangsa Eropa, Kini Jokowi Berani Strategi Khusus Ini Buat Melawan Penindasan Baru Orang-orang Benua Biru Itu

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Minggu, 15 Desember 2019 | 11:28 WIB

Jokowi bereaksi saat Indonesia digugat Uni Eropa.

Grid.ID - Walaupun Bangsa Eropa udah menikmati kekayaan alam dari wilayah Asia, mereka belum pernah tau secara persis sumber asalnya dari mana, mereka juga gak pernah ambil pusing untuk pergi jauh-jauh dateng ke kawasan tersebut karena jalur distribusi perdagangan jalan darat ke Eropa udah oke dengan “perpanjangan tangan” dari India sampai ke Arab.

Jadi pengetahuan Bangsa Eropa tentang asal-usul rempah-rempah itu bisa dibilang cuma samar-samar. Mereka hanya tau rempah-rempah itu berasal dari kawasan kepulauan yang sangat jauh di wilayah Timur, tempat yang begitu asing bagi mereka, begitu misterius dan rahasia.

Baca Juga: Sempat Ramai Dibicarakan Orang Sewaktu Dipilih Sebagai Pejabat Pertamina, Rupanya Jokowi Berikan Hal yang Tak Disangka Itu Jadi Tantangan Utama Buat Sosok Kontroversial Ini: Negara Lagi Kurang Uang?

Dari situlah, mereka terdorong untuk menguasai jalur rempah-rempah hingga datang ke wilayah Nusantara, yang kini bernama Indonesia. Dari situlah, goresan sejarah yang mengatakan, bangsa Eropa menjajah Indonesia selama ratusan tahun muncul.

Kini, Eropa seperti ingin kembali menguasai jalur ekonomi Indonesia di wilayah mereka. Eropa bersiap menggugat Indonesia dalam hal dua komoditas penting: nikel dan kelapa sawit. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku akan melakukan hal ini untuk melawan penjajahan bentuk baru yang dilakukan oleh bangsa Eropa terhadap Indonesia. 

Halaman selanjutnya >>>