Find Us On Social Media :

Sebentar Lagi Ada Gerhana Matahari Cincin, Ternyata Inilah Alasan Umat Muslim Diminta Shalat Gerhana Sewaktu Peristiwa Langka Itu Terjadi

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Selasa, 24 Desember 2019 | 17:01 WIB

Sebuah arak-arakan tumpeng diiringi kothekan (tetabuhan) mewarnai peristiwa gerhana matahari di dusu

Grid.ID - Kenapa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) mengimbau orang Islam untuk melakukan ritual keagamaan khusus saat gerhana?

Apa pentingnya gerhana matahari cincin bagi umat Islam?

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) meminta umat Islam untuk melakukan shalat gerhana pada 26 Desember nanti.

Hal ini berhubungan dengan adanya fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diramalkan akan terlihat di Indonesia. Untuk diketahui, GMC terjadi setiap satu sampai dua tahun sekali. GMC terakhir terjadi pada 26 Februari 2017.

GMC dalam enam tahun ke depan akan terjadi pada 26 Desember 2019, 21 Juni 2020, 10 Juni 2021, 14 Oktober 2023, dan 2 Oktober 2024.

Baca Juga: Jadi Tempat Ikonik Fotografi dan Wisata Yogyakarta, Rupanya Asal Usul Nama Malioboro Bermula dari Cerita Ini

"Dari semua tanggal itu, hanya GMC pada 2019 yang dapat diamati di wilayah Indonesia," tulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam keterangan resminya.

"Peristiwa langit yang sangat langka ini perlu disambut dengan penyelenggaraan shalat gerhana, dzikir, kegiatan sosial, kegiatan pengamatan Gerhana Matahari dan kegiatan kefalakiyahan lainnya," tulis Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) mengimbau.

"Lembaga Falakiyah PW / PC NU se-Indonesia diharapkan untuk bertindak aktif mengajak Umat Islam di daerahnya masing–masing untuk melaksanakan kegiatan tersebut," tambah imbauan itu.

Halaman selanjutnya >>>