Find Us On Social Media :

Pemimpin Kita Debat Soal Penyebab Banjir Jakarta, Faktanya Paranormal Kondang Ini Sudah Ingatkan Bencana Alam Itu Jauh Hari

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Jumat, 3 Januari 2020 | 15:23 WIB

Banjir Jakarta

Grid.ID - Presiden Joko Widodo menilai, banjir yang menggenangi Jakarta dan sekitarnya disebabkan kerusakan ekologi dan kesalahan yang dibuat manusia, seperti membuang sampah sembarangan.

"Ada yang disebabkan kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada, tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana. Banyak hal," ujar Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Jokowi meminta pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan pemerintah kabupaten di Jabodetabek bekerja sama dengan pemerintah pusat menangani permasalahan banjir.

Namun, untuk saat ini, Jokowi meminta proses evakuasi didahulukan.

Baca Juga: Hujan Tak Kunjung Berhenti, Begini Kondisi Jakarta dan Bekasi yang Terendam Banjir. Di mana Saja Kawasan yang Tergenang Air? 

"Yang terpenting saat kejadian saat ini adalah evakuasi korban, keselamatan, dan keamanan masyarakat harus didahulukan. Nanti urusan penanganan banjir secara infrastruktur akan kami kerjakan setelah penanganan evakuasi selesai," kata Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah pernyataan Jokowi soal penyebab banjir Jakarta dan sekitarnya.

Halaman selanjutnya >>>