Find Us On Social Media :

Saat Stok APD Menipis, Staf Medis di Inggris dan Spanyol Terpaksa Pakai Kantong Sampah untuk Baju Pelindung

By Intisari Online, Minggu, 22 Maret 2020 | 21:24 WIB

Ilustrasi pasien virus corona

Grid.ID -  Kekurangan Alat Pelindung Diri ( APD), para perawat di rumah sakit NHS (National Hospital Service) Inggris memakai kantong sampah klinis di kepala dan kaki.

Rumah sakit Northwick Park di Harrow, London, menyatakan situasi darurat pada Kamis (19/3/2020) setelah semua tempat perawatan kritis dipenuhi pasien.

24 jam kemudian rumah sakit ini tak mampu lagi mengatasinya. Mereka cepat-cepat memindahkan pasien ke rumah sakit terdekat, dan para perawat menyatakan permohonan.

Mereka meminta segera disediakan masker, pakaian pelindung, dan sarung tangan, karena stoknya sudah tidak memadai.

Baca Juga: Tes Corona Negatif, Kematian Seleb Korea Lee Chi Hoon Sempat Disebut karena Keracunan Darah, Penyebab 1 dari 5 Kematian di Dunia, Penyakit Apa Itu?

Di tengah situasi itu, beredar foto-foto yang memperlihatkan para perawat kelelahan sedang mengenakan kantong plastik berwarna kuning di kepala mereka.

"(Ini) improvisasi APD (Alat Pelindung Diri) untuk setidaknya mencoba melindungi kita dari pasien menular," tulis keterangan di foto itu.

"Kita harus tetap berani untuk kolega kita yang sakit, keluarga, dan pasien kita."

"Itu hanya membuat kami menangis di dalam, tetapi kami menunjukkan wajah yang berani dan tersenyum kepada semua orang," sambung keterangan di caption tersebut.

Halaman selanjutnya...