Find Us On Social Media :

Ingin Bawa Kabar Baik, Para Ahli Buat 3 Skenario Meredanya Virus Corona di Indonesia, Kapan Berakhirnya?

By Adrie P. Saputra, Minggu, 5 April 2020 | 15:15 WIB

Ilustrasi -Virus corona

Grid.ID - Kasus covid-19 hingga saat ini masih terus meningkat jumlahnya.

Bahkan angka kasus di Indonesia sudah menginjak angka 2.000 pasien.

Ingin bawa kabar baik, Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia membuat model perhitungan waktu meredanya pandemi corona di Indonesia.

Model ini dibuat oleh Barry Mikhael Cavin, Rahmat Al Kafi, Yoshua Yonatan Hamonangan, dan Imanuel M Rustijono.

Data yang digunakan untuk simulasi adalah data kasus kumulatif dari 2-29 Maret 2020 yang dipublikasikan oleh situs kawalcovid19.id.

Baca Juga: Lagi-lagi Bikin Heboh, Sekjen Sunda Empire Rangga Sasana Beberkan telah Lakukan Koordinasi dengan Intelijen Dunia untuk Hentikan Pandemi Corona: Saya lagi Cari Biang Keladinya Siapa

Model yang digunakan merupakan beberapa kuantitas pada model SIRU, yakni Infected dan Unreported case.

“Kami harus menghitung angka yang bukan hanya positif corona (infected) tapi juga unreported. Kami meyakini banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala. Di Indonesia berdasarkan hitungan kami, kasus unreported lebih banyak dibanding infected,” tutur Imanuel Manginsela Rustijono selaku Wakil Ketua ILUNI Matematika UI kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Tiga skenario dibuat berdasarkan kebijakan signifikan dan tegas dalam mengurangi interaksi antarmanusia, seperti kebijakan Work from Home dan physical distancing.

Halaman Selanjutnya>>>