Find Us On Social Media :

Perhatikan Baik-baik, Apakah Anda Melihat 12 Tanda Ini di Tubuh Anda? Segera Hubungi Dokter, Bisa Jadi Itu Gejala Kesehatan Serius

By Intisari Online, Sabtu, 2 Mei 2020 | 11:25 WIB

Garis hitam pada kuku.

Intisari-Online.com – Kulit Anda bisa berbicara banyak tentang kesehatan Anda secara keseluruhan.

Perubahan, dari pertumbuhan baru menjadi perubahan warna, sering kali bisa menjadi sinyal dari kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Mungkin hanya sederhana karena kekurangan nutrisi, tapi dalam beberapa kasus, sesuatu yang lebih serius, termasuk diabetes, penyakit jantung, radang sendi, penyakit autoimun, atau bahkan kanker.

Maka, penting untuk mengawasi setiap perubahan baru pada tubuh Anda.

Baca Juga: Memilukan, Menunggu 'Keajaiban,' Seorang Ibu di Kenya Ini Terpaksa Harus Memasak Batu untuk Menenangkan 8 Anaknya yang Kelaparan: 'Saya Tidak Punya Apa Pun'

Jika Anda melihat salah satu dari tanda berikut ini, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, saatnya menjadwalkan bertemu dengan dokter Anda.

1. Tahi lahat atau perubahan baru

Ketika ada tahi lalat baru atau yang berubah menjadi besar misalnya, cari ABCDE tentang melanoma, menurut Natalie Yin, MD, asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center.

A singkatan dari asimetri; B untuk batas (yang tidak teratur atau tidak jelas); C untuk color/warna (lebih dari satu warna memprihatinkan); D untuk diameter (lesi yang lebih besar perlu diperiksa); dan E untuk evolusi (lesi berubah seiring waktu).

Halaman selanjutnya...