Find Us On Social Media :

Kisah Pandemi Mematikan Musnahkan 400.000 Penduduk Amerika, Namun Banyak Orang Justru Ingin Terinfeksi dengan Penyakit Ini, Mengapa?

By Afif Khoirul M, Kamis, 7 Mei 2020 | 17:44 WIB

Ilustrasi - Foto diatas adalah gambar Wabah Flu Spanyol

Grid.ID - Saat ini mungkin dunia sedang dilanda pandemi virus corona, yang menyebabkan banyak orang menjaga jarak supaya tidak tertular penyakit ini.

Namun, menurut catatan sejarah, banyak pandemi yang pernah terjadi pada masa lalu salah satunya yang cukup terkenal adalah wabah demam kuning tahun 1776.

Demam Kuning berasal dari nyamuk Aedes aegypti, yang mengamuk di Amerika Serikat. Penyakit ini diduga berasal dari Afrika Barat menuju ke Amerika dibawa oleh budak.

Menurut sejarah, setelah masa inkubasi 3-6 hari, penderita demam kuning akan merasakan gejala flu, demam, dan nyeri otot.

Baca Juga: Jika Vaksin Covid-19 Tidak Ditemukan, Ilmuwan Ungkap Skenario yang Akan Terjadi Andai Virus Corona Tak Bisa Dimusnahkan!

Kulit orang yang terinfeksi akan menguning, karena kerusakan pada hati dan ginjal, setelah periode sakit, korban sering melakukan pendarahan di saluran pencernaan, hingga muntah darah hitam.

Penyakit ini juga berujung pada kematian, hal itu menandakan betapa mengerikannya wabah ini ketimbang virus corona.

Pada saat itu tingkat kematian dari wabah ini mencapai 50%.

Penyakit ini menyebar ke seluruh Amerika Serikat khususnya kota besar, seperti New York, Philadelphia, dan New Orelans.

Baca Selengkapnya