Find Us On Social Media :

China 'Ditampar Bolak-balik' Karena Awalnya Merahasiakan Kemunculan Covid-19, Tetapi Para Iluwannya Memimpin Penelitian dalam Mengatasi Virus

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 11 Mei 2020 | 17:28 WIB

Covid-19

Grid.ID - Tuduhan bahwa pemerintah China menunda untuk memberi tahu dunia tentang wabah COVID-19 telah menjadi senjata politik di negara-negara termasuk AS, Inggris dan Kanada.

Tetapi para ilmuwan China telah memenangkan pujian internasional karena telah mencapai beberapa tonggak penting dalam memahami virus corona yang bergerak cepat.

Dilansir dari Science Business, para pemimpin China terlihat lambat bereaksi terhadap wabah yang muncul dari kota Wuhan.

Mereka menekan informasi dan bahkan menghukum mereka yang mengangkat suara tentang hal ini.

Baca Juga: Kini Kembali Harus 'Berhadapan' dalam Sengketa Laut China Selatan, Vietnam Pernah Rasakan 'Ancaman' China saat Kapal Selam Nuklir Besar Pembawa Rudal Balistik Muncul di Dekat Kapal Nelayan Miliknya

“Ada penutupan awal di Wuhan, mungkin beberapa hari sampai seminggu, sebelum ancaman itu diterima."

"Kita tidak akan pernah tahu apakah tindakan yang lebih cepat pada hari-hari pertama bisa mencegah wabah, ” kata Ian Jones, profesor ilmu biomedis.

Terlepas dari reaksi lambat awal dari pemerintah, “Telah ada dialog yang sangat terbuka (sejak) dan banyak temuan penelitian dari pengalaman di China yang kini muncul,” kata Jones.

Pada bulan Januari, sebuah tim yang dipimpin oleh Yong-Zhen Zhang, dari Pusat Klinik Kesehatan Masyarakat Shanghai & Sekolah Kesehatan Masyarakat, menerbitkan genom virus awal di dua situs akses terbuka.

Halaman selanjutnya...