Find Us On Social Media :

Indonesia Diklaim Punya Hak Atas Laut China Selatan, Tapi 4 Negara Ini Sudah Duluan Menantang China Unjuk Kekuatan di Laut China Selatan

By Afif Khoirul M, Selasa, 12 Mei 2020 | 15:48 WIB

Pangkalan militer Laut China Selatan

Grid.ID - Saat ini krisis yang terjadi di Laut China Selatan, telah menjadi babak baru di tengah pandemi Covid-19.

China berusaha mati-matian memegang klaim atas hak Laut China Selatan yang di percaya adalah bagian dari wilayah maritim Tiongkok.

Sementara itu, salah satu kawasan terdekat dengan Laut China Selatan Vietnam pun, baru-baru ini diusir oleh China untuk dilarang masuk ke wilayah tersebut.

Klaim sepihak oleh China ini membuat beberapa negara meradang, salah satunya Amerika, diketahui mereka sudah mengirim kapal militer untuk melakukan intervensi ke Laut China Selatan.

Baca Juga: Jika Perang Pecah di Laut China Selatan, Kekuatan Militer China Sangat Sulit Dikalahkan Negara-negara Asia Tenggara, Lihat Saja Pangkalan Militernya Ada 7 Buah!

Tak menyerah sampai disitu China masih kukuh dengan klaim Laut China Selatan dan menyebutnya sebagai bagian dari wilayahnya.

Sementara itu, menurut laporan Independent pada Sabtu (9/5/20), selain kapal perang dari AS, ada beberapa kapal perang yang turut bergabung.

Mereka unjuk kekuatan dalam memperebutkan klaim atas Laut China Selatan.

Jalur laut ini secara strategis penting diklaim oleh China, dan hampir seluruhnya diklaim China, namun beberapa negara tetangga memperdebatkannya.

Baca Selengkapnya