Find Us On Social Media :

Surabaya telah Menjadi Zona Hitam Penyebaran Virus Corona, Presiden Jokowi Perintahkan Para Peneliti Indonesia segera Temukan Vaksin Covid-19 agar dapat Diproduksi Akhir Tahun

By Suar.id, Sabtu, 6 Juni 2020 | 18:15 WIB

Presiden Jokowi minta vaksin covid-19 harus sudah siap pada akhir tahun.

Grid.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para peneliti di Indonesia untuk segera menemukan vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat terbatas, Kamis, (4/6/2020).

"Terkait vaksin, Indonesia harus mandiri."

"Target Indonesia bisa memproduksi akhir tahun ini, sehingga tadi Presiden menginstruksikan peneliti kita untuk mencari, menemukan vaksin untuk digunakan Indonesia sendiri," kata Muhadjir, melansir dari Tribunnews.

Meski terdapat 147 lembaga di dunia yang saat ini sedang menyusun vaksin, namun menurut Muhadjir lembaga tersebut akan memprioritaskan untuk negaranya sendiri.

"Sementara kita punya 270 juta warga, sehingga mau tidak mau tidak mungkin mengandalkan impor, jadi harus siap siap melakukan riset vaksin untuk indonesia sendiri," katanya.

Selain itu menurut Muhadjir, Presiden juga meminta alat untuk mengambil sampel di tenggorokan sebagai bagian dari tes Polimerase Chain Reaction (PCR) bisa diproduksi di dalam negeri.

Bersambung ke halaman selanjutnya