Find Us On Social Media :

Sungguh Tak Biasa, Pesawat Kim Jong Un Terdeteksi Terbang di Tengah Ketegangan Antar-Korea, untuk Apa?

By Tatik Ariyani, Kamis, 18 Juni 2020 | 20:34 WIB

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Grid.ID - Sejak akhir Juni, Korea Utara sudah melontarkan serangkaian serangan verbal ke Korea Selatan buntut aktivitas para pembelot di perbatasan.

Korut dilaporkan meledakkan kantor penghubung dengan Korsel, babak baru dalam ketegangan dua negara.

"Utara menghancurkan Kantor Penghubung Kaesong pada pukul 14.49," kata Kementerian Unifikasi Korsel dalam pesan peringatan kepada awak media.

Kantor berita Yonhap melaporkan, peringatan itu muncul beberapa menit setelah suara leedakan terdengar, dengan kepulan asap terlihat di Kaesong.

Baca Juga: Dalam Bentrokan Tentara China yang Tewas Lebih Banyak dari India, Mungkinkah Karena Keunggulan Tentara India dalam Bertempur di Medan Ini, yang Membuatnya Disebut Lebih Kuat dari Rusia dan AS?

Dilansir AFP Selasa (16/6/2020), kantor penghubung antara Korea Utara dengan Korea Selatan itu didirikan dua tahun yang lalu.

Penghancuran tersebut terjadi setelah adik Pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Yo Jong, melontarkan ancaman pada akhir pekan.

"Tidak lama lagi, adegan tragis di mana kantor penghubung antara Utara dan Selatan yang tak berguna akan terjadi," ancam Kim Yo Jong.

Analis menyatakan, Pyongyang berusaha memanfaatkan krisis ini untuk menekan Seoul supaya membujuk AS melakukan konsensi dalam perundingan denuklirisasi.

Halaman selanjutnya...